oleh

Marak Berita Hoax, Gubernur Sumsel Himbau Masyarakat Agar Pandai Memilah Informasi

Kolom:Peristiwa|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Kemudahan penyebaran informasi dengan menggunakan media sosial saat ini merupakan dampak dari kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin. Menurutnya, salah satu akibat dari perkembangan teknologi saat ini, semua kalangan masyarakat semakin mudah dalam menggunakan sosial sehingga bisa menjadi pemicu oknum tertentu untuk mengambil keuntungan dengan  menyebarkan berita bohong atau hoax.

Dikatakan Alex Noerdin, penyebaran hoax di media sosial cukup menjadi permasalahan yang serius di Indonesia yang bisa menyebabkan putusnya pertemanan, terjadi gesekan serta permusuhan.

Baca juga :  Semen Baturaja Melaju Ke Final

Apalagi sekarang diungkapkan Alex, informasi  zaman sekarang menyebar dengan cepat, baik melalui saluran media sosial maupun grup di aplikasi chatting, misalnya WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan masih banyak lagi.

“15 tahun yang lalu kita tidak kepikiran akan adanya Smart Phone zaman sekarang,  dahulu kecanggihan teknologi komunikasi hanya sebatas komnukasi biasa menggunakan telegram juga hp biasa, “katanya

Lebih lanjut Alex mengatakan, Zaman dahulu, jika orang mau mengirim foto harus di cetak terlebih dahulu kemudian baru dikirim melalui Pos yang bisa memakan waktu beberapa hari

Baca juga :  Listrik Sering Padam, Fraksi PAN Soroti Kinerja PLN WS2JB

“Dulu foto dikirim lewat pos, lamo nyampenyo, kalau sekarang hati hati para bupati walikota jangan sebarangan untuk mengirim atau menyebarkan foto anda dengan siapo, “ungkapnya saat pertemuan silahturahmi Silaturahmi DHD BPPK 45 provinsi Sumsel dan DHC BPPK 45 Se Provinsi Sumsel di Griya Agung, Selasa (24/01).

Oleh karena itu  Alex mengharapkan agar masyarakat bisa lebih berhati hati lagi dalam menggunakan media sosial dan lebih pandai memilah mana berita yang benar atau cuma berita bohong supaya tidak mudah terprovokasi.

Baca juga :  Bazar Ditutup, Pengumuman Pemenang Masak Pindang Paling Ditunggu

“Tapi saya sudah mengajukan kepada pemerintah agar membuat sistem informasi untuk menjaga ratusan line telepon selama 24 jam sehari, agar  ribuan orang dapat bertanya memastikan berita ini hoax atau tidak dan bisa dikonfirmasi  oleh petugas Informasi Center, ” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita