oleh

Masyarakat Palembang Segera Miliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah

Kolom:Peristiwa|1 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Masyarakat Kota Palembang segera memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang. Pembangunan itu sendiri mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin karena telah berhasil mewujudkan pelaksanaan pembangunan IPAL itu.

Disampaikan Alex Noerdin, pembangunan IPAL tersebut menjadi prestasi tersendiri bagi Kota Palembang karena didanai melalui hibah pemerintah pusat dan sebagian hibah dari Pemerintah Australia kepada pemerintah Kota Palembang. Selain itu, pembangunan tersebut akan menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia.

“Terimakasih kepada wali kota atas pembangunan ini. Proyek ini bernilai luar biasa, selain menciptakan lapangan kerja akan menjadikan masyarakat kota Palembang bisa lebih sehat,” ungkap Alex saat menghadiri Ground Breaking pembangunan IPAL dan relokasi IPAL bersama Duta Besar Australia, di lokasi IPAL Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang, Kamis (2/11).

Baca juga :  Sumsel Jawarai Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2019 

Lebih lanjut Gubernur Sumsel mengatakan, Ground Breaking tersebut menjadi moment yang luar biasa karena membuktikan bahwa Palembang bukan hanya kota besar dan kota metropolitan diatas kertas semata, melainkan kota yang telah memiliki fasilitas yang sangat luat biasa dibandingkan kota lain di Indonesia.

“Tahap 1 baru akan selesai tahun 2022 jadi ini cukup panjang, tapi di 2018 saya minta pengerjaan harus di stop dulu karena ada Asian Games. Selama Asian Games tidak boleh ada pengerjaan proyek yang berlangsung karena dikhawatirkan akan mengotori kota Palembang,” tegasnya.

Baca juga :  225 Peserta Ikuti Seminar Peternakan dan Kesehatan Hewan Berintegritas di Sumsel

Sedangkan, Dubes Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan, dirinya telah mengetahui bahwa Provinsi Sumsel Khususnya Palembang saat ini tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur karena nama Palembang, Sumsel saat ini sudah cukup dikenal dunia.

Menurutnya, pembangunan IPAL tersebut merupakan permulaan yang sangat baik bagi lingkungan, sehingga diharapkan dapat memberikan banyak manfaat diantaranya memperbaiki kualitas air Sungai Musi serta mencukupi kebutuhan air bersih dan sanitasi masyarakat Palembang.

“Saya berharap bersama Pemerintah Provinsi dan Kota Palembang dapat mewujudkan pembangunan ini sebagai contoh bagi kota lain di Indonesia, dan yang terpenting Australia memberikan kontribusi untuk pembangunan ini,” ujarnya.

Baca juga :  Herman Deru: Jadikan Momentum Pandemi Ini Untuk Majukan Sumsel

Sementara, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, proses perjuangan hibah Pemerintah Australia ke Pemerintah Kota Palembang tersebut cukup panjang yakni dimulai sejak tahun 2012 lalu, melalui tahapan seleksi bersama kota-kota lain di Indonesia.

Dijelaskannya, dilaksanakannya pembangunan IPAL tersebut selain merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Kota Palembang dalam menangani permasalahan limbah, juga memang sudah menjadi harapan masyarakan sejak lama.

“Kita sangat serius dalam menangani permasalahan limbah, khususnya limbah padat dari Hilir sampai ke Hulu Kota Palembang,” terangnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita