oleh

Mufidah Jusuf Kalla Buka Sinergi Program Dekranas di Sumsel

Kolom:Peristiwa|0 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj. Mufidah Jusuf Kalla resmi membuka kegiatan sinergi program kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM RI dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel di Hotel Wyndham OPI, Komplek OPI Mall Palembang, Jum’at (11/05).

Pembukaan ditandai pemukulang gong oleh Ketua Umum Dekranas Hj. Mufidah Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga dan Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel, Hj. Eliza Alex Noerdin.

Baca juga :  Hari Jadi Kota Palembang Ke-1334, Pesan Alex Palembang Jangan Pernah Merasa Puas

Sinergi program tersebut meliputi beberapa hal. Masing-masing yakni sosialisasi program/kegiatan LPDB-KUMKM dalam rangka penyaluran dana bergulir bagi Koperasi dan UKM, temu konsultasi penguatan kemitraan KUMKM berbasis nilai rantai/pasok,(3) pelatihan kewirausahaan bagi GKN, konsultasi dan pemberkasan standarisasi mutu dan sistem mutu produk KUMKM yang potensial ekspor, pelatihan vocational keterampilan teknis bagi SDM KUKM, dan serta pelatihan perkoperasian.

Dalam sambutannya Hj. Mufidah Jusuf Kalla menyambut baik dilaksanakannya sinergi program berupa pelatihan dan bimbingan bagi UKM di Sumsel. Menurutnya, penyelenggaraan pembinaan dan pelatihan ditujukan agar UKM di Sumsel dapat semakin berdaya saing.

Baca juga :  Pemprov Minta Pertagas Sesuaikan Pengerjaan dengan Pembangunan SKTT

Mufidah Jusuf Kalla memandang penting pengembangan UKM yang ada di Sumsel mengingat potensi produk kerajinan yang ada di Sumsel cukup banyak seperti kerajinan songket yang kedepan harus semakin berkualitas dan berdaya saing.

“Kita sangat menyambut baik sinergi program yang dilakukan, pembinaan dan pelatihan UKM Sumatera Selatan sangat penting, apa lagi sebentar lagi akan ada Asian Games,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, ada sekitar 30 ribu lebih UKM di wilayah Sumsel yang akan dimanfaatkan untuk moment Asian Games Agustus mendatang.

Baca juga :  Korpri Teguhkan Netralitas Dalam Pilkada

“Produk lokal dari 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan yang layak akan menjadi souvenir Asian Games,” tukasnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita