oleh

GUNHAR: Raja Salman Sejukan Situasi Politik Nasional

Kolom:Nasional|9 kali dilihat

NuansaKita – Jakarta : Lawatan Raja Salman ke Indonesia saat ini disebut menjadi penyejuk bagi situasi politik nasional. Semua pihak menerima kehadiran Raja Arab Saudi setelah 47 tahun itu dengan tangan terbuka yang hangat.

Hal ini disampaikan oleh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Yulian Gunhar saat dihubungi melalui selulernya. Gunhar menyebut lawatan ini sebagai “berkah politik” yang mampu mendinginkan suhu politik nasional yang tampak memanas akhir-akhir ini.

“Satu hal yang patut disyukuri adalah kehadiran Raja Salman di Indonesia mampu mempertemukan berbagai spektrum politik di tanah air dan macairkan suasana yang ada,” kata Anggota Komisi IIV DPR RI. Hal itu dikatakannya ke media NuansaKita.com. Kamis (02/03/2017)

Baca juga :  Tim Seleksi Calon Anggota KPU RI Dan Calon Anggota Banwas Pusat

Bagi Gunhar, hubungan politik antar kedua negara, Indonesia – Arab Saudi yang terpisah puluhan tahun ternyata tidak berjarak pasca Raja Faisal bin Abdulaziz mengunjungi Indonesia pada tahun 1970. Sikap kedua negara justru menggambarkan hubungan diplomatik yang sangat erat.

Raja Salman yang datang pada Rabu (1/3) kemarin direncanakan akan berada di tanah air selama sepekan. Untuk itu Gunhar berharap hal ini dapat menjadi momen konsolidasi nasional untuk kembali merekatkan semangat persatuan.

“Ini adalah sinyal positif yang ditunjukkan elemen bangsa ditengah perubahan global saat ini bahwa semangat persatuan menjadi kunci bagi perubahan,” jelasnya.

Baca juga :  Mohamad Hamdin : Sambut Baik Pemekaran Sulteng

Keadaan ini dipaparkan oleh Gunhar bukan tanpa alasan sebab pergeseran politik di Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika berujung dengan konflik yang merugikan. Karena itu ia berharap semua elemen bangsa tidak tersulut dengan politik devide et impera (pecah belah).

Pasalnya ditengah momentum politik (Pilkada) banyak penggunaan isu-isu negatif seperti Sara, Sukuisme, hingga Agama dipolitisir untuk kepentingan tertentu. Menurut Gunhar hal ini menurunkan kualitas demokrasi.

“Sudah saatnya kita bersikap dewasa dengan menunjukkan demokrasi yang berkualitas dengan isu-isu yang sehat sebagaimana yang ditunjukkan oleh Raja Salman dengan memberikan jabatan hangat kepada seluruh elemen bangsa,” tutur Gunhar.

Baca juga :  Presiden Jokowi Minta Pengawasan atas Pemanfaatan Dana Desa dan Dana Kelurahan

Sebagaimana diketahui, lawatan Raja Salman ke Indonesia atas undangan Presiden Joko Widodo. Raja Salman memutuskan hadir dalam undangan tersebut sebagai bagian dari rangkaian perjalanannya ke Asia.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita