oleh

Raja Salman Berdialog Dengan Tokoh Lintas Agama

Kolom:Nasional|9 kali dilihat

NuansaKita – Jakarta : Sejumlah tokoh lintas agama berkesempatan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud beserta Presiden Joko Widodo. Pertemuan tersebut difasilitasi oleh pemerintah Indonesia dan digelar di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Jumat sore, (03/03/2017).

Pertemuan dengan tokoh agama ini tergolong istimewa karena dihadiri oleh 28 tokoh lintas agama. Sembilan di antaranya mewakili umat Islam Indonesia, tiga lainnya mewakili umat Konghucu, dan perwakilan dari umat Katolik, Protestan, Buddha, serta Hindu yang masing-masing diwakili oleh empat tokoh.

Mewakili umat Islam di antaranya ialah Din Syamsuddin, Kammarudin Amin, Alwi Shihab, Yenny Wahid, dan Komaruddin Hidayat. Sementara Tokoh-tokoh yang mewakili agama lainnya di antaranya ialah Hanriette T. Hutabarat dan Rony Mandang (Kristen Protestan), Ignatius Suharyo Harjoatmojo dan Franz Magnis Suseno (Kristen Katolik), Hartati Tjakra Murdaya dan Suhadi Sanjaya (Budha), Wisnu Bawa Tenaya dan Ketut Parwata (Hindu), serta Uung Sendana dan Budi Santoso Tanuwibowo (Konghucu).

Baca juga :  Demo Tolak Reklamasi Teluk Jakarta, BEM UI Unjuk Rasa

 

Berikut ini ialah daftar lengkap nama-nama pemuka agama yang bertemu dengan Raja Salman.dari Tokoh Islam yaitu Din Syamsuddin, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Prof. Dr. Kammarudin Amin, Prof. Dr. Alwi Shihab, Zannuba Arriffah C. Rahman (Yenny Wahid), Abdul Mufti, Masyakuri Abdillah, Komaruddin Hidayat dan Yudie Latief. Sedangkan dari Tokoh Kristen Protestan tampak Hanriette T. Hutabarat, Pdt. Rony Mandang, Pdt. Dr. Jacob Nahuway serta Gomar Gultom.

Dari Tokoh Kristen Katolik yaitu Mgr. Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Mgr. Antonius Subianto Osc, Mgr. Paskalis Bruno Syukur Ofm dan Franz Magnis Suseno. Dari Tokoh Budha S. Hartati Tjakra Murdaya, Bhikku Sri Pannyavaro, Suhadi Sanjaya dan Arif Harsono. Dari Pemuka Hindu, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ir. Ketut Parwata, Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta serta Made Gede ERata. Hadir Juga dari Tokoh Konghucu Uung Sendana, Ws. Budi Santoso Tanuwibowo dan XS Djangrana.
Bey mengatakan, sebelum bertemu tokoh lintas agama, Raja Salman dijamu minum teh lebih dulu oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga :  Light Rail Transit (LRT) Palembang Digelontorkan Dari Sindikasi Enam Bank Dan Lembaga Keuangan

Pertemuan dan dialog lintas agama itu sendiri dimulai sekitar pukul 14.15 WIB. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga tampak hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam dialog tersebut. Raja Salman mengapresiasi keberagaman dan persatuan antara seluruh kelompok agama di Indonesia,” ujar Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, saat ditemui wartawan, seusai pertemuan.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita