oleh

Nasrun Umar Berikan Pembekalan Peserta Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemprov Sumsel 

Kolom:Peristiwa|2 kali dilihat
NuansaKita – Bandung : Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar membuka secara resmi sekaligus memberikan pembekalan Seleksi Kompetensi Manajerial/Assasment Center Peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel, di Pusat pelatihan dan pengembangan dan pemetaan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) LAN Bandung, Senin (25/03).
Sekda Sumsel Nasrun Umar menuturkan, seleksi kompetensi manajerial merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi, yang merupakan amanat dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.
“Saya mengharapkan jangan ada rasa tekanan, Insya Allah tim yang ada disini memetakan secara objektif, berdoa yang terbaik ada pada kita semua, pesan Saya tidak pernah ada juara bersama, jadi BKD hanya ada satu dan staf ahli hanya ada satu, kalau sekarang tidak terpilih tentu ada pada kesempatan lain,” katanya.
Nasrun menuturkan, seleksi kompetensi yang dilaksanakan secara terbuka merupakan salah satu kegiatan dari penataan sistem manajemen SDM aparatur yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari reformasi birokrasi.
Menurutnya, dengan profil kompetensi yang dihasilkan dari setiap peserta yang mengikuti kompetensi diharapkan mampu membantu pemerintah pusat maupun daerah memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan tertentu, mengidentifikasi kader-kader pemimpin dengan suatu metode yang akurat dan objektif, serta menghasilkan strategi rencana pengembangan bagi pegawai di masa yang akan datang.
“Saya mengharapkan para peserta mengikuti semua tahapan seleksi ini dengan penuh semangat, agar tahapan seleksi kompetensi manajerial ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan nantinya, hasil seleksi kompetensi yang saudara ikuti akan menjadi bahan bagi tim panitia seleksi JPT Pratama Provinsi Sumsel dalam menentukan,” jelasnya.
Sementara dalam laporannya Kepala Bidang Pemetaan Kompetensi Puslatbang PKASN LAN Zulpikar mengatakan, tujuan dari kegiatan penilaian kompetensi ini adalah manajerial dan sosiokultural peserta seleksi JPT Pratama Pemerintah Provinsi Sumsel.
Sementara, untuk jabatan yang akan diseleksi dalam kegiatan kompetensi ini adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Jumlah peserta sebanyak delapan orang, sedangkan tim penilai berjumlah empat orang asesor dan dua orang pemandu tes.
“Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah tersedianya profil potensi dan kompetensi manajerial setiap peserta yang mengikuti kegiatan penilaian kompetensi seleksi Pemerintah Provinsi Sumsel,” tukas dia. Rip
Baca juga :  Gubernur Libatkan Mahasiswa Atasi Karhutla di Sumsel

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita