oleh

Nilai – Nilai Pancasila Harus Ditanamkan Sejak Dini.

Kolom:Peristiwa|57 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2016, Kodim 0418 bekerjasama dengan Bakornas GMDM Sumsel, DPD Forum Bangso Batak Indonesia Sumsel, Yayasan Pondok Kasih Cabang Palembang, Himpaudi dan IGTK mengadakan lomba nilai-nilai pancasila tingkat usia dini (PAUD) di masjid al-hidayah sematang borang (29/10).

Bambang Fahidin. Ketua Bakornas Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) Sumatera Selatan mengatakan, GMDM bersama Kodim 0418 mempunyai komitmen bersama saling bersenergi dengan semua elemen untuk menumbuhkan kembali nilai – nilai kebangsaan yang terkandung dalam 4 konsesus bangsa.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Kasih, Herman Kario mengatakan dipandang sangat perlu untuk menanamkan nilai-nilai PANCASILA sejak dini, khususnya kepada anak-anak di sekolah PAUD maupun TK.

Mengingat besarnya pengaruh informasi global yang beredar di sekitar kita, yang tidak bisa kita bendung, maka kegiatan yang mengingatkan kita akan nilai-nilai luhur jati diri Bangsa Indonesia, yakni menghargai perbedaan, gotong royong, kepedulian antar sesama, keadilan, kesetiakawanan sebagai sesama anak bangsa, sangat diperlukan. Untuk itu perlu diadakan kegiatan yang mendorong kita semua untuk kembali kepada nilai-nilai PANCASILA. Imbuhnya

Baca juga :  40 Warga Katarak Dapat Bantuan CSR Bank Sumsel Babel

Menurut Herman, kegiatan Lomba ini merupakan wadah untuk kita sesama warga masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintahan dan juga lembaga sosial kemasyarakatan bersama-sama secara gotong-royong menanamkan kepada anak-anak kita untuk mengetahui dasar negara kita, dan falsafah hidup bangsa kita yg luhur, yang telah digali oleh para pendiri negara, yakni PANCASILA.

Lomba nilai-nilai Pancasila ini di ikuti oleh ratusan anak-anak Paud dan TK yg berasal dari 13 PAUD di kecamatan Sako dan Sematang Borang.
Adapun kategori lomba dalam perlombaan ini adalah ; lomba menghafal teks Pancasila, lagu-lagu kebangsaan, lagu-lagu daerah serta yel-yel kebangsaan.

Baca juga :  Presiden Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Sleman

Pemenang lomba akan menerima piala secara langsung di Griya Agung seusai acara peringatan Sumpah Pemuda. Mereka yang menjadi pemenang yaitu ; Juara I PAUD Kasih Bunda Kecamatan SAKO, Juara II PAUD Nurul Taqwa Kecamatan Sematang Borang dan Juara III TK Tunas Rimba Kecamatan Sematang Borang.

Herman berharap acara ini bisa memperkuat semangat persatuan dan toleransi demi kerukunan dan kejayaan bangsa Indonesia di masa yang akan datang, tegasnya.

Hal senada disampaikan. Belman Karmuda mengajak masyarakat untuk mengingat kembali semangat persatuan atas dasar pancasila. Hal seperti ini harus selalu digelorakan mengingat nilai-nilai pancasila sudah mulai pudar.

Kita harus tanamkan semangat persatuan sumpah pemuda dan nilai-nilai pancasila kepada anak kita sejak usia dini supaya ketika mereka besar nanti mereka tidak melupakan bahwa kemerdekaan bangsa ini bukanlah hadiah dari penjajah tapi diraih dengan persatuan dan perjuangan oleh para pejuang dan pendiri bangsa. Seru Belman

Baca juga :  Biaya Perjalanan Haji Tahun 2020 Tidak Naik

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan Akta Lahir secara Simbolik oleh Kabid Pencatatan Sipil DISDUKCAPIL Kota Palembang, Siti Fauziah, kepada warga kelurahan Srimulya kecamatan Sematang Borang.

Dalam kesempatan te rsebut, Siti Fauziah menyampaikan bahwa dalam pengurusan semua dokumen Hak Sipil seperti Akta Lahir, Akta Nikah, Akta Kematian, Akta Cerai adalah gratis. Jika ada staff nya yg meminta uang, harap dilaporkan kepada beliau. Sama sekali tidak ada biaya jika mengurus dokumen kependudukan di Dukcapil kota Palembang. ujar Fauziah. (sibawaihi)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita