oleh

Nurmalah Pastikan DPC PERADI Sumsel Bina Para Advokat Agar Berintegritas

Kolom:Hukum, Peristiwa|26 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Palembang, Hj Nurmalah SH MH mengatakan, para advokat yang tergabung dalam organisasi Peradi dengan jumlahnya ribuan orang tersebar di Sumatera Selatan diharapkan mampu mengaplikasikan kemampuannya secara profesional dan berintegrasi.

Dirinya juga memastikan, DPC Peradi Palembang akan membina para advokat agar memiliki integrasi dan profesionalisme yang tinggi, dalam menegakkan hukum berkeadilan. Hingga penegakan hukum dapat terwujud dalam kesetaraan keadilan.

“Sebanyak 101 orang yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Kepala Pengadilan Tinggi Palembang, Bapak Mabrukq Nur. Dua diantaranya sudah disumpah di lembaga lain. Kini para advokat baru kami harapkan dapat bekerja dengan maksimal untuk menegakkan keadilan,” kata Nurmalah usai pengambilan sumpah advokat baru di Hotel The Daira, Senin (29/11).

Baca juga :  Pemprov Sumsel Siagakan Personel Gabungan Tanggulangi Bencana

Nurmalah menegaskan, para advokat baru tersebut sudah secara resmi menjadi para penegak hukum, dan juga anggota Peradi. Dalam melaksanakan praktek profesi advokat, mereka dapat menjalankan profesinya secara nyata untuk mewujudkan keadilan dan tegaknya hukum.

“Mereka kini bisa praktek dimana saja, dan kita harapkan mereka bisa profesional dan tentu menjaga integritas dalam proses penegakan hukum ,” jelasnya.

Peradi juga memiliki program bantuan hukum gratis yang rencananya akan terealisasi di 17 kabupaten/kota se-Sumsel pada 2017 akan datang. Hal ini menjadi agenda Peradi Palembang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan tenaga advokat.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Cari Formula Ciptakan BUMD yang Sehat

“Insya Allah akan terwujud, tapi untuk saat ini baru kota Palembang saja yang memiliki lembaga bantuan hukum gratis,” katanya.

Masyarakat masih sangat membutuhkan keberadaan advokat hingga ke pelosok, namun karena keterbatasan kawasan kebanyakan advokat hanya bisa ditemui di kota-kota saja.

“Karena memang para advokat akan berada tidak jauh dari wilayah hukum tempat melaksanakan praktek pengacara yakni pengadilan. Tapi dalam melakukan pendampingan mereka bisa sampai ke pelosok,” terangnya.

Sekretaris Panitia Pelaksana Pengambilan Sumpah Advokat, Chris Handoyo SH menambahkan, para advokat baru yang dilantik dapat bekerja melaksanakan tugasnya. Peradi sendiri juga akan memaksimalkan penyuluhan dan program bantuan hukum gratis kepada masyarakat.

Baca juga :  Gubernur Deru Umrohkan Dua Prajurit Bekang Berprestasi

“Salah satu program lainnya, kita akan terus melakukan penyuluhan tentang hukum kepada masyarakat,” pungkasnya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita