oleh

Palembang Akan Bentuk Satgas Pungli

Kolom:Hukum, Peristiwa|3 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pemerintah kota Palembang akan membentuk tim khusus Satuan Tugas (Satgas) pememberantas pungutan liar (pungli) yang sangat merugikan masyarakat dan negara, hal itu disampaikan oleh Harobin Mustofa Sekertaris Daerah (Sekda) kota Palembang pada acara rapat koordinasi surat edaran No.5 tahun 2016 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, selasa (25/10).

Harobin mengungkapkan, rapat ini merupakan sosialisasi terhadap Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar yang terdapat pada UU no. 87 tahun 2016 yang disahkan dan ditandatangani oleh presiden tanggal 21 oktober 2016.

Baca juga :  Open House, Warga Antusias Sambangi Gubernur ke Griya Agung

“dengan undang-undang ini telah jelas dalam memberantas pungli ini ada 4(empat) cara yang bisa digunakan, yaitu. Melakukan operasi intelijen, pencegahan dengan sosialisasi pada segala lini, dan melakukan tindakan hukum”.

Ditambahkannya, pada lingkungan instansi sangat rentan terhadap pungutan liar, apalagi yang bersangkutan dengan pelayanan publik. Nah, disini setiap aparatur harus membuat pelayanan dengan prima tanpa adanya pungutan liar. Tidak hanya itu tanggung jawab pun harus diemban secara konsekuen oleh pejabat pemerintahan mulai dari Bupati, Walikota, Lurah, maupun Kecamatan.

Baca juga :  Sekda Nasrun Minta DWP Jadikan Perempuan Sumsel Lebih Berdaya

Maka dari itu pentingnya pembentukan tim khusus satgas ini, apabila ada yang tertangkap tangan melakukan pungli atau ada aduan dengan barang bukti, maka kalau pejabat pemerintah akan diturunkan pangkat, sanksi beratnya dilakukan pemecatan. Sedangkan apabila Pegawai honorer, maka akan diputus kontraknya, tegasnya.

Rapat pembentukan satgas ini diketuai oleh Harobin Mustofa selaku Sekda kota Palembang, serta dihadiri oleh Kasat Pol.PP Alex F, jajaran Inspektur kota Palembang dan jajaran SKPD Serta Camat dan lurah sekota Palembang. (desta)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita