oleh

Partai Kemajuan, Eko S Tjiptadi : Bonus Demografi Peluang Menuju Negara Maju

Kolom:Peristiwa|21 kali dilihat

NuansaKita – Jakarta : Ketua Umum Partai Kemajuan Eko S Tjiptadi mengatakan bonus demografi merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk bisa menciptakan lompatan besar menuju negara maju,senin (19/12).

Hal tersebut dikatakannya dalam release yang diterima redaksi nuansakita.com. Bonus demografi ini hanya datang satu pada setiap bangsa. jadi kita harus benar – benar siap menyambut dan memanfaatkanmya untuk kemajuan bangsa, ujarnya.

Menurut mantan Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) ini, kunci bagi Indonesia agar bisa memanfaatkan bonus demografi adalah pembangunan manusia., khususnya pendidikan dan kesehatan.

Baca juga :  SMAN 1 Palembang Sabet Anugerah Adiwiyata Nasional dari KLHK

Selain Pembangunan manusia, lanjut Eko, pemerintah juga perlu mengenjot lapangan kerja seluas – luasnya. Tanpa ketersedian lapangan kerja yang luas, bonus demografi hanya akan menjadikan momok menakutkan.

Eko mengungkapkan, untuk menyongsong bonus demografi Partai Kemajuan punya konsep “Kewirausahaan sosial” dan memperkuat ekonomi rakyat.

“kita akan memajukan kewirausahaan sosial dan ekonomi kreatif untuk memberi tempat bagi tumbuhnya pelaku ekonomi nasional, sementara di desa-desa akan dibangun di atas tulang punggung BUMDES” paparnya.

Lebih lanjut Eko mengatakan. meski bonus demografi ini sangat penting, tetapi respon partai poltik sangat minim. masih jarang partai politik yang membahas isu itu. Padahal partai politik sebagai stakeholder kekuasaan harus punya visi memanfaatkan bonus demografi.

Baca juga :  Cuma Dua se-Indonesia yang Terima Widyaiswara Ahli Utama Kehormatan, Gubernur Sumsel dan Gubernur Jatim

“Di Partai Kemajuan, bonus demografi jadi isu strategis, kami punya visi itu misi yang selaras dengan isu itu,” terang Eko.

Disamping itu, bonus demografi seharusnya membuat partai poltik sudah berbenah mengikuti tuntutan zaman dan aspirasi rakyat. menurut dia, lembaga – lembaga politik harus memutakhirkan diri senafas dengan kemajuan zaman jika tidak ingin tertinggal. ” Partai kami berusaha menjadi instrumen politik yang feasible dengan tuntutan zaman dan aspirasi rakyat, tegasnya.

Pernyataan tersebut terkait diskusi yang akan di lakukan Partai Kemajuan besok (20/12) di kantor pusat Partai Kemajuan di jalan Villa Pejaten Mas Blok, pukul 14.00 wib sampai dengan selesai. dan yang akan menjadi pembicara Claudia Surjadjaja dari DPP Partai Kemajuan, Edna Caroline dari Pengamat Hukum dan Keamanan, dan Philip J Vermonte (CSIS), Urainya. (Rob)

Baca juga :  Status Covid-19 di Sumsel Kini Jadi Tanggap Darurat

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita