oleh

PDAM Tirta Musi Lakukan MoU Dengan Kejari Palembang

Kolom:Hukum, Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Palembang melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Palembang tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara, Selasa (25/10) di kantor PDAM Tirta Musi.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Musi, H. Cikmit dalam sambutannya mengatakan bahwa nota kesepahaman bersama ini secara umum bertujuan untuk menangani/membantu penyelesaian masalah di bidang perdata dan tata usaha negara maupun tindakan hukum lainnya yang dihadapi oleh PDAM.

Baca juga :  Yan Anton Ferdian Tertangkap, Pemprov Sumsel Perketat Pengawasan Terhadap Kepala Daerah.

Dalam pelaksanaan kerjasama ini nantinya diharapkan kedua belah pihak (PDAM dan Kejari) dapat saling memberikan kontribusi yang jelas dan sesuai dengan kewenangan masing-masing pihak.

Kerjasama yang nantinya akan berlangsung selama dua (2) tahun kedepan ini diharapkan akan dilakukan kedua belah pihak secara efektif. Agar implementasi kesepakatan bersama ini berhasil dengan optimal maka diperlukan komitmen yang kuat dan kerjasama lintas sektor yang sinergis dari kedua belah pihak. Lanjut Cikmit

Adapun kerjasama itu diantaranya : Pertama, Pemberian bantuan hukum. Kejaksaan Negeri diharapkan dapat memberikan pendampingan untuk menyelesaikan sengketa yang muncul sehingga jika memungkinkan tidak harus lewat jalur pengadilan karena memakan waktu yang lama. Jika kemudian hari ada kasus yang bisa diselesaikan tanpa harus kepengadilan, kejaksaan juga bisa memberikan bantuan hukum seperti mediasi.

Baca juga :  PMI Sumsel Diminta Semakin Cepat Tanggap Penuhi Kebutuhan Warga

Kedua, Pemberian pertimbangan hukum. Memberikan pertimbangan atau pendapat hukum untuk PDAM, misalnya dalam pengadaan barang dan jasa. Hal ini bertujuan agar tidak ada masalah dalam penyerapan anggaran.

Kemudian tindakan hukum lainnya. Peningkatan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) di PDAM melalui workshop, seminar dan sosialisasi hukum. Papar Cikmit. (sibawaihi)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita