oleh

Pejabat Fungsional, Jabatan Yang Strategis dan Aman

Kolom:Peristiwa|5 kali dilihat
NuansaKita _ Palembang :Kepala pusat pembinaan analis kebijakan LAN RI, Erna Irawati menggelar sosialisasi jabatan fungsional analis kebijakan di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (16/9).
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) membangun kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mensosialisasikan kebijakan pejabat fungsional.
ia mengatakan kerjasama tersebut bertujuan untuk memperkenalkan jabatan fungsional dilingkungan pegawai karena memang belum banyak yang mengetahui hal tersebut padahal animonya cukup tinggi.
Dijelaskan Erna, Jabatan Fungsional merupakan jabatan yang baru dan masih butuh banyak sosialisasi dilingkungan pegawai negeri sipil (PNS). Hal tersebut diungkapkan oleh Erna. Menurutnya, selama ini banyak orang yang mempunyai mindset jika PNS pasti bisa menjadi pejabat struktural padahal sebenarnya ada jabatan lain yang cukup menarik dan berbasis kepakaran dan profesionalitas. “Jadi menurut saya, jabatan fungsional itu sangat menarik sekali tidak hanya manejerial saja dan itu aman pekerjaannya karena yang dijual adalah kepakaran bukan politis atau yang lain,” ujarnya.
Sebenarnya, sambung Erna, jabatan fungsional adalah jabatan strategis untuk kondisi saat ini, cara kerjanya adalah menganalisis kebijakan sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing untuk menjadi bukti serta landasan jika pejabat akan mengambil keputusan,” jelasnya. Adapun kriteria untuk menjadi pejabat fungsional diungkapkan Erna tidaklah sulit. “Yang pastinya harus sebagai PNS meskipun kemungkinan kita buka di UUD ASN yaitu P3K bisa masuk tapi khususnya kita mengatur PNS yang strata satu dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2,75 dari Unversitas perguruan tinggi akreditas B sesuai bidang apapun serta sebelumnya harus mengikuti Diklat selama 17 hari,” urainya. (juwita).
Baca juga :  Presiden Joko Widodo Jajal LRT di Palembang

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita