oleh

Pejuang Kemerdekaan Inspirasi Generasi Penerus Untuk Peduli

Kolom:Peristiwa|18 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.” Kalimat itu harus menjadi spirit kepedulian generasi penerus saat ini atas jerih payah pejuang kemerdekaan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pejuang kemerdekaan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah memberikan beberapa bantuan kepada para Veteran pejuang kemerdekaan.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki mengatakan bahwa sebagai bentuk perhatian kepada para veteran, provinsi sudah memberikan bantuan tunjangan setiap bulannya melalui Dinas Sosial Provinsi Sumsel sebesar Rp. 300.000 /bulan.

“Bantuan tersebut rutin disalurkan setiap bulannya. Dan bukan hanya itu saja, kegiatan-kegiatan seperti ulang tahun LVRI juga disupport oleh provinsi melalui bantuan dana,” kata Ishak Mekki saat menghadiri acara Dirgahayu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang ke 60 tahun di gedung Veteran Sumsel, Selasa (31/01).

Baca juga :  Gubernur Deru Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor Sindang Panjang

Dirinya juga berpesan agar generasi penurus bangsa harus memantapkan pemahaman tentang makna kebhinekaan agar senantiasa menjaga keutuhan bangsa dan tidak mudah terpecah belah dengan berbagai isu dan konflik yang ada saat ini.

Menurut Ishak, generasi penerus bangsa yang hidup tidak dijaman penjajahan, seharusnya selalu mengingat perjuangan dan jasa-jasa para veteran pejuang bangsa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Sebagai generasi penerus, kita harus berperan dalam menjaga dan merawat kemerdekaan yang sudah direbut dengan susah payah dari tangan penjajah. Bagaimana caranya, yaitu mengisi kemerdekaan dengan ide dan berkontribusi dalam pembangunan negara khususnya di Sumsel sesuai dengan bidang kita masing-masing,” himbaunya.

Baca juga :  Komisi X DPR RI Pastikan Persiapan Asian Games di Sumsel Capai 100 Persen

Sementara, Ketua Mada LVRI Sumsel Marsma TNI (Purn) Ir Robert Siagian MM mengamini bahwa selama ini provinsi Sumsel sudah memberikan perhatian besar kepada para pejuang veteran dengan rutin memberikan bantuan berupa uang ke setiap veteran Sumsel yang saat ini berjumlah sekitar 880 veteran yang masih hidup. Hanya saja, secara kelembagaan atau organisasi, LVRI belum mendapatkan bantuan baik itu dari Provinsi maupun Kota.

“Bantuan yang bersifat individu seperti Tali Asih dari Provinsi memang rutin setiap bulannya, bahkan 80 – 90 persen veteran sudah di umrohkan. Hanya saja bantuan terhadap lembaga atau organisasi itu belum ada. Padahal sekecil apapun organisasi itu jika tidak didukung pendanaan oleh pemerintah, maka tidak bisa berjalan dengan maksimal,” ungkapnya.

Baca juga :  Guru Diminta Up To Date Ikuti Dinamisnya Model Pendidikan

Disamping itu, Robert juga menyatakan keprihatinan para veteran akan kondisi dan situasi yang sedang melanda negeri ini. “Kami sedih karena generasi penerus sekarang cenderung terpecah belah, saling menghujat dan bermusuhan. Padahal kami sebagai veteran tidak banyak meminta, hanya tolong bersatulah sesama anak bangsa dalam menjaga kemerdekaan yang kami persembahkan untuk kalian karena jika kita terpecah belah maka siap-siaplah untuk dijajah kembali,” harapnya mewakili para veteran. Robert juga menyerukan jika para veteran siap untuk turun ke medan perang kembali demi menjaga keutuhan bangsa dan membela NKRI jika negeri ini kembali dijajah. “Pada generasi muda pandai-pandailah melihat masa lalu dan belajar serta menghargai jasa para pahlawan yg telah gugur,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita