oleh

Pembayaran BPHTB Online di Sumsel Digencarkan Lagi

Kolom:Peristiwa|2 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan atau bangunan (BPHTB) secara online di seluruh Sumsel kini akan digencarkan kembali.
Hal itu terungkap dalam pertemuan Gubernur Sumsel, Herman Deru saat menerima audiensi Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Sumsel di ruang kerjanya.
Dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah, Firlandia Muchtar, melaporkan beberapa hal. Di antaranya mengenai penghitungan bea perolehan hak atas tanah dan atau bangunan di sejumlah daerah pemerintah kabupaten/kota di Sumsel yang belum mengikuti ketentuan yang ada.
“Akibatnya kami sering kesulitan saat melakukan validasi,” terangnya, Rabu (24/06)
Menurut dia, jika ini terus dibiarkan maka rentan merugikan masyarakat. Oleh karena itu Ia meminta Pemprov dalam hal ini Gubernur Sumsel dapat segera menyikapi persoalan tersebut.
Menanggapi hal itu, Gubernur Herman Deru mengatakan, memang diperlukan konsistensi dari pemerintah daerah untuk mengatasi kendala tersebut.
Untuk itu, dirinya juga memastikan segera membuat edaran ke seluruh kabupaten dan kota se-Sumsel sebagai kepastian hukumnya.
“Dulu awal dari ide saya juga itukan sudah ditetapkan nilai minimalnya. Aturannya memang harus pakai nilai transaksi atau NJOP,” kata Deru.
Selain membuatkan edaran, ia juga memastikan akan meminta kepala daerah segera kembali mengaktifkan pembayaran BPHTB secara online di seluruh Sumsel.
Menurut dia, para Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) merupakan mitra pemerintah dan punya andil dalam menyumbangkan PAD bagi pemerintah dalam hal kepengurusan sertifikat tanah masyarakat. “Oleh karena itu sudah semestinya Pemprov Sumsel ikut memberikan support,” tukas dia. Rip
Baca juga :  Jaring Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi Untuk Manfaatkan STP

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita