oleh

Pemerintah Kota Palembang Akan Mekarkan Kecamatan Baru

Kolom:Peristiwa|4 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Besarnya cakupan area Seberang Ulu 1 membuat pemerintah Kota Palembang berencana memekarkan wilayah SU 1 menjadi kecamatan Jakabaring, adapun cakupan area SU 1 meliputi Kertapati, plaju jakabaring, dan sampai ke Perumahan OPI. (8/9)

Kepala kecamatan Seberang Ulu I Novran Hamsya Kurniawan, S.STP. mengatakan, bahwa yang akan masuk ke dalam kecamatan Jakabaring meliputi empat kelurahan, yaitu kelurahan 15 ulu, Tuan Kentang, 8 Ulu, dan Silaberanti.ujarnya

Pembentukan kecamatan baru ini akan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena semakin kecil wilayah akan semakin maksimal pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga :  LP3KD Sumsel Resmi Dilantik, Ini Harapan Gubernur Alex

Sebelum sosialisasi pemekaran ini, kita telah mengadakan pertemuan dengan masyarakat di balai kecamatan yang membahas tentang pemekaran kecamatan ini, pada awalnya ada dua usulan nama yaitu Kecamatan seberang ulu III dan Kecamatan Jakabaring, setelah diadakan musyawarah disetujuilah dengan nama Kecamatan jakabaring yang disamping itu mempunyai arti historis meliputi singkatan Jawa, Kaba, Batak, dan komering,urainya

Sementara itu,Daarul Effendi Kabag Administrasi perbatasan mengungkapkan. secara teknis bahwa pembentukan pemekaran kecamatan Jakabaring ini harus memnuhi syarat yang ada dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Kecamatan, bahwasanya apabila akan membentuk kecamatan baru haruslah memenuhi persyaratan dasar, teknis, dan administrasi.
Lebih lanjut, ia mengatakan pemekaran ini harus meminta izin kepada Gubernur dan Kemendagri. Dengan persetujuan Walikota, bupati, dan anggota DPR.dengan pemekaran ini juga akan menjadi jelas batas antara jakabaring dan wilayah Banyuasin, diharapkan pemekaran ini dapat memaksimalkan data kependudukan dan sarana prasarana yang akan dikembangkan.(Desta)

Baca juga :  HUT ke-49, BPJS Kesehatan Edukasi Anak Sekolah

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita