oleh

Pemprov Sumsel Terima Hibah Alat Sensor Suhu Udara

Kolom:Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Untuk menunjang penyelenggaraan Asian Games 2018 di Sumatera Selatan, Center for research on IOT memberikan hibah alat sensor telemetry suhu cuaca.

Pemberian alat ini juga merupakan wujud apresiasi bagi Pemprov Sumsel yang konsisten menanggulangi bahaya kebakaran lahan dan hutan serta mencegah kabut asap. Selain karena koordinasi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Sumsel atas dukungannya, terutama para pemangku kepentingan yang ada sangat baik, sehingga dapat bekerjasama.

Pemasangan instalasi sensor cuaca tersebut ditempatkan di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) yang berfungsi sebagai sensor jaringan ketahanan dan sensor cuaca yang akan mengirimkan sensor adanya polusi udara.

Baca juga :  Gubernur & DPRD Sumatera Selatan Tetapkan 20 Raperda 2017

Alat ini akan ditempatkan pada lima titik di kawasan JSC yakni Shooting range, Main stadion, Aquatiq Stadion, Atletik Stadion dan Volley Ball.

Kepala Badan penanaman modal provinsi Sumatera Selatan Rustam Effendi, kamis (06/04) mengatakan pemerintah provinsi Sumsel saat ini sedang mengupayakan perubahan paradigma sensor telemetri ini untuk Sumatera Selatan yang lebih cerdas dan lebih hijau atau yang dikenal dengan smarter and greener.

Menurutnya akan dimulai dari sensor jaringan ketahanan dan sensor cuaca keduanya diperlukan untuk energi terbarukan Sumatera Selatan, dari alat tersebut juga dapat mengambil langkah selanjutnya untuk mengirimkan sensor polusi udara, sensor polusi udara.

Baca juga :  IDH Dukung Komitmen Pemerintah Lestarikan Lingkungan

“Ini akan membantu terbentuknya strategi jika disusun dengan baik suatu strategi mitigasi polusi udara dan kabut asap akan berdampak pada udara yang lebih bersih dan naiknya tingkat kesehatan penduduk Sumatera Selatan,”urainya

Ia menjelaskan, alat tersebut juga dapat meningkatkan hubungan baik dengan daerah-daerah yang ada di sekitar di Sumsel, acara pemasangan sensor cuaca ini akan menjadi landasan bagi upaya tersebut.

” ini adalah satu langkah kecil bagi Asian Game 2018 di Palembang tetapi ini bisa menjadi suatu langkah besar bagi Indonesia, Asean dan dunia pada umumnya,” jelasnya

Baca juga :  Gubernur Deru Umrohkan Dua Prajurit Bekang Berprestasi

Seperti diketahui, Sejak satu tahun yang lalu hingga sekarang Center for Research on IOT telah membentuk tim gabungan dan sebuah keluarga yang mendedikasikan diri untuk menggunakan data sensor telemetry untuk Asian Game 2018 dan kepentingan publik di Sumatera Selatan khususnya Indonesia umumnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita