oleh

Pencapaian Program Sanitasi Sumsel Masih di Bawah Target Nasional

Kolom:Headline, Peristiwa|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Program sanitasi merupakan salah satu pelayanan dasar yang kurang mendapat perhatian, padahal program sanitasi merupakan kebutuhan dasar, karena buruknya kondisi sanitasi berpengaruh terhadap menurunnya kualitas penurunan hidup serta tercemarnya sumber air bersih yang bisa menimbulkan sejumlah penyakit.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman, saat membuka Workshop Penjaminan Kualitas (QA) Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) Provinsi Sumsel di Batiqa hotel, Rabu (05/10).

“Program ini dimaksudkan sebagai program pembangunan sanitasi menyeluruh yang terintegrasi dari pusat hingga daerah dimana pembangunan dan pengelolaan sanitasi dilakukan secara sinergis oleh seluruh stakeholder sanitasi baik dari pihak pemerintah maupun swasta,” jelasnya.

Baca juga :  Alex: Boleh Saing-Saingan Tapi Jangan Merusak

Dijelaskannya, program ini mengutamakan pembangunan sanitasi hingga berkelanjutan dan tidak menimbulkan dampak sampingan bagi masyarakat. Program ini meliputi pengelolaan air limbah domestik, pengelolaan persampahan dan pengelolaan drainase pemukiman.

“Kita sudah lakukan program ini sejak tahun 2010 dengan peserta, Kabupaten/Kota meliputi meliputi Kota Palembang Kota Prabumulih dan Kabupaten Muara Enim. Mulai tahun 2012 sampai 2016 diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Sumsel,” katanya.

Dikatakannya, tahun 2019 pencapaian harus 100 persen, saat ini pencapaian nasional untuk sanitasi baru 62,14 persen. Tahun 2015 pencapaian sanitasi Sumsel di bawah nasional yakni 61,30 persen.

Baca juga :  Gubernur Sumsel Restui Perubahan Peraturan PSBB Terbaru Palembang

“Untuk mencapai 100 persen maka kita telah membuat dokumen strategis dan lingkup kegiatannya berupa pemantapan rencana pembangunan sanitasi, memastikan implementasi perencanaan sanitasi serta membangun sistem insentif dan disinsentif,” ujarnya optimis.(juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita