oleh

Pengembangan Pelabuhan Laut Dalam, Pemprov dan Pelindo II Teken MoU

Kolom:Peristiwa|1 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan PT Pelindo II (Persero) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pengembangan Pelabuhan Laut Dalam (deep sea port).
Pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel Herman Deru menargetkan, kerjasama ini  tak hanya sekedar kesepakatan hitam di atas putih, melainkan segera ada action yang nyata. Harapannya dengan kehadiran pelabuhan laut dalam ini dapat semakin memperlancar arus distribusi barang dari dan ke wilayah Sumsel.
“Terlebih Sumsel memiliki potensi sumber daya alam yang banyak di bidang pertanian, perkebunan juga pertambangan,” ucapnya, Sabtu (16/03).
Setelah ada MoU ini dia yakin akan ada percepatan karena semua pihak seperti Pemprov dan Pelindo sudah sepakat bahwa sudah ini tidak ada MoU tapi Memorandum of Action (MoA). Langkah percepatan itu dijelaskannya meliputi  investigasi dari pihak Pelindo  tentang draft hingga rencana bisnisnya kedepan.
“Akhirnya mimpi kita memiliki Pelabuhan Laut Dalam mendekati kenyataan,” ujar Deru.
Meski baru sebatas MoU lanjut mantan Bupati OKU Timur ini, beberapa perusahaan sudah berminat menggunakan jasa pelabuhan laut dalam itu salah satunya adalah PT Pusri. Jika ini nanti beroperasi tentu para pengusaha ekspor di sumsel ini tak perlu jauh-jauh lagi ke Lampung dan Bengkulu atau Padang untuk mengirim barang.
“Nanti di Pelabuhan laut dalam ini kapal-kapal bermuatan 30.000 ton bisa masuk dengan minimal draft 10.000 keatas. Besar pelabuhan yang akan dibangun juga tidak tanggung, tapi luas pelabuhan harus dipersiapkan sampai masa mendatang dan tidak sempit,” tambahnya.
Menurutnya, ia sangat senang membayangkan Sumsel segera memiliki Pelabuhan baru selain Boombaru. Karena jika ini terealisasi kemajuan akan berdampak langsung pada ekspor komoditas Sumsel seperti kelapa, kelapa sawit dan lainnya.
“Pelabuhan Boombaru sudah sangat padat dan di tengah kota,” imbuhnya.
Sementara itu, Dirut IPC Elvyn G Masassya mengatakan IPC menjalin sinergi usaha dengan bentuk penyiapan rencana kerjasama dengan Pemprov Sumsel yang dituangkan dalam nota kesepahaman bersama terkait pengembangan pelabuhan laut dalam dan sekitarnya serta kelancaran arus barang di Provinsi Sumsel.
“Ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian Sumsel pada khususnya dan perekonomian nasional di Indonesia pada umumnya,” tukasnya. Rip
Baca juga :  Pembangunan Jembatan Musi IV Dipastikan Terus Berlanjut

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita