oleh

Pengurusan Pengesahan STNK di Samsat, Ini Prosedur dan Syaratnya

Kolom:Peristiwa|38 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan pengesahan STNK Tahunan di sentra-sentra Layanan Samsat di wilayah Sumsel disosialisasikan bersama Tim Samsat bagaimana prosedur layanan dan apa saja syarat yang harus dibawa ke kantor Samsat atau gerai-gerai Samsat.

Prosedurnya sendiri adalah, pemohon memdatangi pokja pengesahan STNK di gerai-gerai Samsat. Lalu, petugas pendaftaran melakukan verifikasi berkas, kemudian menetapkan jumlah pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWKLLJ), bea pengesahan STNK.

Lalu, dari sana waji pajak atau pemohon membayar bea yang dimaksud di bank yang telah ditunjuk, kemudian dilanjutkan pencetakan surat ketetapan pajak daerah.

Baca juga :  Samsat Online, Cegah Perbuatan Pungli

Setelah itu, barulah dilakukan pengesahan STNK, serta penyerahan STNK dan SKPD kepada wajib pajak.

Kepala UPT Bapenda Provinsi Sumsel Palembang II Lingga mengatakan, semua cara dilakukan untuk memudahkan layanan di gerai-gerai Samsat.

“Kami selaku petugas pelayanan pajak kendaraan bermotor di wilayah Seberang Ulu, Kota Palembang berkomitmen beserta stake holder Samsat secara bersama-sama terus berdiskusi dan membuat terobosan,” jelasnya, Sabtu (06/01).

Salah satunya adalah vidio teritorial informasi pelayanan di Samsat yang diinisiasi oleh Ditlantas Polda sumsel sebagai bahasan sosialiasi dan informasi ke masyarakat Sumsel.

Baca juga :  Presiden Meminta Pramuka Lakukan Terobosan Inovatif

Selain itu, lanjutnya dalam pengesahan STNK Tahunan berbarengan dengan pembayaran Pajak Tahunan dan syaratnya cukup membawa KTP asli pemilik kendaraan, STNK sesuai dengan identitas di KTP dan biaya pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan.

“Biaya pengesahan STNK dan biaya Iuran sumbangan wajib dana kecelakaan dana lalu lintas jalan,” singkat Lingga. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita