oleh

Penuhi Pasokan Listrik, PLN Bangun Lima Gardu Induk

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang  : PLN membangun 5 Gardu Induk (GI) dan yang telah siap terletak di wilayah jakabaring dan Kenten dengan kapasitas masing-masing GI 60 MVA untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatera, khususnya Palembang.

Hal itu diungkapkan, General Manager PLN WS2JB Budi Pangestu usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, kamis (13/10) siang. Menurutnya, pembangunan GI untuk memenuhi kelistrikan termasuk untuk kebutuhan listrik di komplek Jakabaring Sport City (GSC)

” Saya rasa ini cukup untuk komplek jakabaring, yang akan membutuhkan supply listrik besar pada saat Asian Games nanti,” katanya.

Baca juga :  Ishak Mekki : Bangun Rumah Cepat, Murah dan Aman, Masyarakat Bisa Gunakan Vframe Building System

Dijelaskannya untuk satu GI dengan kekuatan 60 MVA bisa melayani untuk penerangan terhadap 60 ribu pelanggan. Memang untuk memenuhi kebutuhan kompleks jakabaring tidak bisa dihitung satu persatu, namun paling tidak untuk menambah supply sesuai kebutuhan pada beban puncak untuk JSC bisa dipakai dari GI Jakabaring tersebut.

” Saat ini kita masih menyupply ke GSC masih dari jarak yang cukup jauh yakni dari GI Sungai Kedukan dan Bungaran, sehingga untuk JSC dan LRT juga bisa support kok,” jelasnya.

Baca juga :  Santi Zahara : Dukcapil Mampu Cetak 1000 KTP Per Hari

Selain itu, Budi juga mengatakan setelah dua GI ini selesai, nantinya akan terus membangun tiga GI lagi, pihak PLN juga merencanakan pada 2018 akan membangun GIS kota Barat dan kota timur. Jadi bisa diperjelas untuk supply kota Palembang sudah cukup baik sudah ada maupun supply dari dua GI yang baru tersebut.

Masih kata dia, yang juga merupakan pokok utama sebenarnya adalah mengatasi supply yang masuk ke Palembang yang saat ini hanya mengandalkan dari arah selatan yakni Keramasan kebawah mulai dari Muara Enim dan seterusnya dengan mengoptimalkan dari Sumsel 5.

Baca juga :  Alex Noerdin Hadiri Rapat Kerja Gubernur se-Indonesia

“Target kita kedepan adalah bisa dipasok dari arus supply energy dari sumsel 5 mulai dari Bayung Lincir biar masuk sampai Betung Musi Banyuasin hingga titik akhirnya ke kota Palembang dan itu masih dikerjakan transmisinya,” pungkasnya (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita