oleh

Penyebab Utama Kematian Ibu Melahirkan Adalah Pendarahan

Kolom:Peristiwa|18 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Faktor utama penyebab kematian ibu ketika melahirkan adalah pendarahan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Alfarobi, M.Kes pada pembukaan acara pembelajaran maternal dan perinatal tahun 2016 di hotel wisata, Senin (03/10).

Alfarobi mengungkapkan bahwa kasus pendarahan ini merupakan kasus yang sulit diprediksi karena memang pada saat ibu melahirkan itu tergantung pada informasi yang didapat pada saat pemeriksaan kehamilan dan pemantauan kondisi ibu setelah melahirkan. Ujarnya

Baca juga :  66 Paket Sabu Berhasil Diamankan

Menurut Alfarobi penyebab pendarahan diantaranya karena ibu yang melahirkan memiliki riwayat hipertensi dan plasenta lengket ketika melahirkan.

Ketua Panitia dr. Dewi Handayani mengatakan bahwa acara ini memiliki dua(2) tujuan. Secara umum untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan tentang mutu pelayanan KIA dan sebagai upaya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak.

Sedangkan tujuan secara khusus pertama, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan dalam mengidentifikasi permasalahan yang sering didapatkan di dalam kasus kematian maternal dan perinatal. Kedua, meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan tentang penatalaksanaan terkini kasus komplikasi maternal dan perinatal. Ketiga, meningkatkan pengetahuan petugas kesehatan dalam menyusun perencanaan untuk mengatasi faktor-faktor penyebab yang dapat dihindari demi mencegah terulangnya kematian yang sama dimasa mendatang. Keempat, meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan tentang sistim pencatatan dan pelaporan, urainya.

Baca juga :  Gubernur Keluarkan Unek-Unek Terkait DBH di Hadapan Tim Banggar DPR RI

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 90 orang terdiri dari tenaga kesehatan atau bidan dari 10 rumah sakit, 60 orang bidan praktek mandiri dan 20 orang tenaga kesehatan di rumah bersalin.

Sedangkan narasumber berasal dari Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH), Rumah Sakit BARI, Dinkes provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang. (Sibawaihi)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita