oleh

PERDOKI Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan ke X di Sumsel

Kolom:Pendidikan, Peristiwa|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI) menggelar pertemuan ilmiah tahunan X yang mengusung tema ‘Prevention of Occupational Diseases and Accidents Among Health Worker’ (Pencegahan Penyakit Akibat Kerja dan Kecelakaan Kerja Pada Petugas Kesehatan)’ di Hotel Aston, sabtu (14/10).

Ketua Umum Perdoki Nusye E Zamsiar menyampaikan, Perdoki perhimpunan spesialis kedokteran okupasi Indonesia adalah organisasi profesi di bawah naungan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang beranggotakan dokter spesialis kedokteran okupasi.

“Tujuan dari perdoki Ini meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat khususnya pekerja. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi  kedokteran okupasi menyebarluaskan agar dapat diterapkan untuk kesehatan masyarakat pekerja. Membina dan mengembangkan profesi anggota,” ungkapnya.

Baca juga :  PUPR Diminta Bekerja Lebih Keras dan Lebih Cepat

Dikatakannya, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun yang terdiri dari simposium dan workshop dengan pembicara yang expert baik dalam maupun luar negeri.

Pertemuan ilmiah tahunan agar terwujudnya tenaga kerja yang sehat, bugar, produktif dan terhindar dari penyakit akibat kerja serta kecelakaan kerja. Pada akhirnya merupakan tujuan upaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Saya berharap Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan dapat lebih mendalami manajemen risiko kesehatan di tempat kerja, sehingga seluruh potensi bahaya dapat diurai secara rinci untuk kemudian melakukan upaya pencegahan yang efektif dan efisien,” katanya.

Baca juga :  Ishak Mekki : BWI Harus Kelola Wakaf Dengan Baik

Sementara dalan sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, Ishak Mekki mengapresiasi PERDOKI karena telah memilih Sumsel sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut. Selain itu Ishak Mekki juga mengharapkan dengan adanya kegiatan itu bisa bermanfaat bagi dokter-dokter yang ada di Indonesia,.khususnya Sumsel.

“Dengan adanya pertemuan ini, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan, mungkin ada temuan-temuan baru untuk mengatasi kecelakaan kerja,” harapnya.

Menurutnya, pertemuan ini sangat bermanfaat bagi pekerja dan petugas kesehatan itu sendiri, karena dalam menjalankan tugasnya para pekerja dibidang kesehatan juga beresiko tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

Baca juga :  Herman Deru Blak-blakan Keluhkan Soal Informasi Titik Api yang Kurang Update

“Selamat mengikuti simposium dan melakukan penelitian dengan harapan dapat bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita