oleh

PPNS di Sumsel Belum Dilakukan Secara Profesional

Kolom:Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pembinaan peningkatan kemampuan bagi Penyidik dan POLRI dan PPNS (Dinas, Instansi, Balai ) tingkat provinsi Tahun 2018 diharapkan oleh Sekda Sumsel, Nasrun Umar dapat bermanfaat dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Oleh karena PPNS di Sumsel belum dilakukan secara maksimal.

Menurut Nasrun, selaku penanggung jawab fungsi penyidikan dan pengemban fungsi Korwas PPNS sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP, dalam hal ini POLRI sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2010 tentang koordinasi, pengawasan, dan pembinaan penyidik pegawai negeri sipil, pada dasarnya senantiasa bersinergi dan berkerjasama antara penyidik Polri dan PPNS dalam penegakan hukum.

Baca juga :  Herman Deru: Silahkan Pulang, Asalkan Mau Diisolasi

“Kita menyadari bahwa proses penyidikan yang dilakukan oleh PPNS belum ditangani secara maksimal, disebabkan masih minimnya aparat yang profesional dalam melakukan penyidikan serta kurangnya koordinasi antara instansi pelaksana dan penegak peraturan,” tuturnya, Jum’at (16/03).

Lebih jauh Nasrun menuturkan, ia mengharapkan kemampuan PPNS dapat ditingkatkan senantiasa selalu berkoordinasi dengan penyidik POLRI dan antar instansi pelaksana penegak peraturan semakin diefektifkan. Diberikannya kewenangan penyidikan oleh PPNS merupakan salah satu upaya agar penanganan terhadap suatu peristiwa atau perkara pelanggaran Undang Undang dan Peraturan Daerah dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Baca juga :  Parade 100 Hari Asian Games di Palembang Meriah

“Oleh karena itu pelaksanaan tugas penyidikan oleh PPNS harus dilakukan secara Profesional Peserta Pembinaan Peningkatan Kemampuan Bagi Penyidik POLRI dan PPNS, dalam rangka Penegakkan peraturan Undang-Undang dan Peraturan Daerah PPNS yang berada pada OPD yang mempunyai Peraturan Daerah, agar dalam pengawasanya dapat bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas PPNS selaku penyidik Undang-undang dan penyidik Penegak Peraturan,” tambahnya.

Nasrun menambahkan, dalam menghadapi tugas di lapangan sebagai penegak peraturan per Undang-undang dan Penegak Peraturan Daerah diharapkan untuk tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga :  Peringati Haul Akbar Keluarga Besar, Alex Noerdin: Harta Paling Berharga Adalah Keluarga

Kemudian, sebagai aparat hukum harus mampu menempatkan diri sebagai pamong yang dapat mengayomi dan diteladani oleh masyarakat dan bukan sebaliknya.

“Tingkatkan profesionalisme sebagai penegak hukum senantiasa berusaha menjaga dan meningkatkan koordinasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan,” tukasnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita