oleh

Presiden Joko Widodo Jajal LRT di Palembang

Kolom:Peristiwa|9 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Selatan, Presiden Joko Widodo menjajal kereta ringan Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia pada Jumat (13/08). Hal ini terkait dengan semakin dekatnya perhelatan ajang olahraga Asian Games ke-18 yang akan digelar di Palembang dan Jakarta.

“Yang pertama perlu saya sampaikan ini adalah kereta ringan LRT pertama di Indonesia yang telah kita mulai jalankan. Pertama memang dalam rangka Asian Games 2018,” kata Presiden di Stasiun Jakabaring Sport City.

Baca juga :  Pererat Tali Silaturahmi, IKA Unsri Gelar Buka Bersama dengan Gubernur

Selain itu, dalam jangka panjang, Presiden menuturkan hadirnya LRT juga bisa memberikan pilihan alternatif transportasi bagi masyarakat.

“Dan yang paling penting membangun suatu peradaban baru, budaya baru, baik budaya menggunakan transportasi massal yang aman dan nyaman, budaya tepat waktu, budaya antre yang ini akan terbangun setelah kereta ringan LRT Palembang berjalan,” lanjutnya.

Di Palembang sendiri ada 4 rute LRT yang direncanakan dan disiapkan. Presiden pun berharap agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh untuk kota besar lainnya di Indonesia.

Baca juga :  Sumsel Bakal Cetak 250 Ribu Hektar Sawah Baru

“Saya ingin agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh kota besar di Indonesia yang saya kira mulai padat dan macet dan membutuhkan transportasi massal. Dan ini akan lebih efisien dibanding dengan mobil pribadi,” ucap Kepala Negara.

LRT Palembang sendiri memiliki konstruksi sepanjang 22,3 km. Di sepanjang jalur terdapat 13 stasiun untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Hingga saat ini baru 4 dari 13 stasiun yang bisa dioperasikan, yaitu Jakabaring, Pasar Cinde, Bumi Sriwijaya, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Baca juga :  Gubernur Sumsel Angkat Promosi Daerah Lewat Olahraga Ini

Pada kesempatan ini, Presiden naik dari Stasiun Bumi Sriwijaya sekitar pukul 14.24 WIB dan tiba di Stasiun Jakabaring Sport City pada pukul 14.40 WIB.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara ini yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita