oleh

Resmikan Badan Otonomi HIPMI Tax Center Sumsel, Akbar Alfaro : Wadah Konsultasi Pengusaha

Kolom:Peristiwa|26 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Ketua BPD HIPMI Sumsel, Akbar Alfaro secara resmi melantik Badan Otonomi HIPMI Tax Center Sumsel di Gedung Kanwil Bank Mandiri Sumsel, Rabu (24/05).

Alfaro mengatakan,  HIPMI Tax Center Sumsel sebagai wadah konsultasi mengenai perpajakan yang terbuka untuk siapa saja tidak hanya untuk pengurus HIPMI.

Dari Perpu No 1 tahun 2017 diketahui informasi, akses untuk perpajakan, memanage aset ke rekening-rekening pribadi. Ia mengatakan, mau tidak mau, suka tidak suka pengusaha harus ‘aware’ dengan pajak karena itu HIPMI membentuk Tax Center.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dirjen Pajak Kanwil Sumsel-Babel mengenai langkah khusus untuk perpajakan.

Baca juga :  Herman Deru Akui Prabumulih Berhasil Turunkan Kurva Pasien Covid-19 

” Selain langkah mengurus perpajakan juga ada poin-poin yang disampaikan. Karena jaman sekarang kasus pajak sudah meluas, rekening pribadi, deposito, tabungan.  Dari sinilah kita buat HIPMI Tax Center, untuk memfasilitasi pelaku-pelaku usaha supaya mereka tidak salah arah. Kita di HIPMI  Tax Center ini mendapatkan informasi terupdate dari Dirjen Pajak langsung mengenai informasi apapun,” kata dia.

Selain itu, Tax Center akan membuat program yang berkoordinasi dengan HIPMI.  Badan ini akan membantu pelaku-pelaku usaha untuk mereka yang ingin konsultasi pajak, pendampingan pengusaha. HIPMI, Nantinya akan sering diadakan diskusi tentang perpajakan yang kita juga undang narasumber yang mau dan mumpuni,”  kata dia.

Baca juga :  Perdana, Sumsel Terima Penghargaan Paramakarya

Ia mengatakan Diskusi yang dilaksanakan lebih fokus mengupas Perpu No 1 tahun 2017. Diskusi ini menurutnya merupakan jalan pembuka untuk program selanjutnya menjadi fasilitator dan jembatan untuk program Tax Amnesti dari Dirjen Pajak.

Sementara itu Ketua Badan Otonom HIPMI Tax Center, Ajib Hamdani mengayakan, Tax center pertama di Sumsel, karena itu HIPMI disini sadar betul mengenai pajak dan harus dicermati dengan baik sehingga bisnis juga lancar tapi disatu sisi aspek pajaknya juga aman.

“Saya pikir teman teman HIPMI di Sumsel sangat aware. Kalau dalam konteks pembentukan HIPMI Tax Center, bagaimana HIPMI Sumsel yang sudah menginisiasi sejak lama, jadi bukan semerta merta ada Perpu. Masalah edukasi pajak sangat dibutuhkan oleh teman-teman HIPMI dan kami sangat mengpresiasi komitmennya sangat luar biasa dengan pengusaha pajaknya aman,” katanya.

Baca juga :  Bukit Asam Diminta Selesaikan Convention Hall Jakabaring Tepat Waktu

Ia mengungkapkan, Tax Center fungsi utamanya akan dibicarakan lebih teknis nantinya. Untuk saat ini Tax Center sebgai wadah mengedukasi pengusaha agar usahanya berjalan dengan baik juga pajaknya.

“Terhadap temen-teman HIPMI yang terkena permasalahan pajak, kita akan bantu memberikan advokasi, dan pendampingan,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita