oleh

Revolusi Mental Diperlukan Untuk Menumbuhkan Kembali Rasa Kebangsaan

Kolom:Peristiwa|3 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sumatera Selatan (Kesbangpol Sumsel) Richard, di Hotel Horison, Selasa (25/10) mengatakan saat ini dibutuhkan revolusi mental untuk menumbuhkan kembali rasa kebangsaan dan juga menjadikan bangsa Indonesia yang tertib, Indonesia yang bersih, Indonesia yang mandiri. Hal tersebut dikatakannya dalam acara pembentukan Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

“Misalnya untuk Indonesia tertib kita akan membuat sampel di Sumsel dimulai dari Provinsi baru kemudian ke kabupaten/kota,” jelasnya.

Menurutnya, pergerakan revolusi mental harus direalisasikan secara bergantian dari satu daerah ke daerah lainnya agar menumbuhkan kembali budaya lama seperti menghargai sesama juga bagaimana kehidupan bertetangga di lingkungan masyarakat.

Baca juga :  Gubernur Instruksikan Setiap Perubahan Nomenklatur Disosialisasikan Secara Masif

“Kita akan buat gugus tugas yang nantinya akan dibuat surat keputusannya oleh Gubernur. Selanjutnya kita akan sampaikan ke kabupaten/kota untuk mempermudah mereka melalui badan Kesbangpol Sumsel juga jaringan di Kesbangpol Kabupaten/Kota,” katanya.

Lanjut Richard, kedepannya akan ada beberapa group yang dibentuk dari berbagai elemen elemen yang seperti LSM, Budayawan, Tokoh Agama dan juga tenaga Pendidikan seperti Guru dan Dosen. Mereka inilah yang akan duduk di dalam group gugus tugas yang nanti bekerja sesuai dengan bidang mereka untuk turun kelapangan untuk mensosialisakan ke Kabupaten/Kota.

Baca juga :  Satpol PP Sumsel Razia Penyakit Masyarakat

“Untuk akomodasi group gugus tugas ini nantinya akan dibantu oleh perusahaan melalui dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) melalui surat keputusan gubernur,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan banyaknya kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia maka akan sedikit demi sedikit mengikis kebudayaan Indonesia, hal ini karena perubahan zaman. Dengan dibentuknya gugus tugas ini akan mengembalikan budaya melalui kegiatan yang dikemas dengan baik. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita