oleh

RSUP Mohammad Hoesin Resmi Terima Sertifikat Internasional

Kolom:Peristiwa|20 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi atas prestasi yang diraih Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr. Muhammad Hoesin Palembang, yakni mendapatkan akreditasi Joint Commission Internasional (JCI). Selain itu, kiprah RSMH Palembang sebagai pusat rujukan Nasional di Provinsi Sumsel dalam memberikan layanan kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Apresiasi ini disampaikan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib, saat menghadiri acara penyerahan sertifikat kelulusan akreditasi internasional Joint Commission Internasional (JCI) dan pembukaan seminar nasional dengan tema “Mutu dan Keselamatan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit di Era MEA” oleh Menteri Kesehatan RI dalam rangka HUT RSMH ke-60 di Gedung Utama RSUP Dr. Muhammad Hoesin Palembang, Senin (9/1).

“Sudah Banyak Bukti yang dapat Kita lihat seperti dalam melayani masyarakat Sumsel yang kurang beruntung dan memerlukan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit ini juga merupakan salah satu Rumah Sakit jejaring dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional dan Jamsoskes,” ungkapnya.

Baca juga :  Herman Deru: New Normal Bukan Alasan Mengabaikan Protokol Kesehatan

Ahmad Najib mengatakan, untuk mencapai Akreditasi Rumah Sakit berstandar Internasional bukanlah hal yang mudah, diperlukan peran serta semua pihak.

Menurutnya, dengan berhasilnya RSMH Palembang lulus dalam akreditasi JCI tidak terlepas dari peran aktif bersama direksi dan jajarannya. Untuk itu, diharapkan semua ini dapat dijadikan referensi untuk dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang modern dan bermutu.

“Harapan kit RSMH Palembang semakin berkembang dan mampu bersaing dengan rumah sakit lainnya di Indonesia maupun di dunia Internasional,” ujarnya.

Baca juga :  Syahrial Oesman Laporkan Harta Kekayaan

Sertifikat ini diserahkan langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, kepada Direktur RSMH Palembang Dr. Mohammad Syahril Sp.P, MPH. Nampak hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra. Lesty Nurainy Apt., M.Kes. serta jajaran RSMH Palembang.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Dr. Bambang Wibowo mengatakan, RSMH Palembang sebagai salah satu dari 24 Rumah Sakit yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Internasional JCI yang berkedudukan di Amerika Serikat. Menurutnya, dari 2578 rumah sakit di Indonesia baru 24 rumah sakit yang mendapatkan sertifikat akreditasi ini, dan salah satunya di RSMH Palembang.

Dirinya berharap, melalui akreditasi ini Pelayanan kesehatan di RSMH Palembang lebih baik lagi dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Desak Pemerintah Pusat Percepat Pembangunan Tol Simpang Indralaya-Muaraenim

“Didalam akreditasi ini juga ditegaskan agar rumah sakit terus menerus membangun budaya, mutu dan keselamatan pasien. Jadi, manfaat yang akan dirasakan masyarakat adalah pelayanan RSMH Palembang semakin baik karna telah terstandar oleh JCI,” terangnya.

Sementara, Direktur RSMH M Syahril SP MPH mengatakan, RSMH Palembang merupakan rumah sakit pertama diwilayah Sumatera yang mendapat akreditasi JCI. Menurutnya, saat ini RSMH Palembang sudah menjadi rumah sakit rujukan nasional dengan mendukung pelayanan kesehatan bagi provinsi diluar Sumsel di wilayah Sumatera.

“Dalam kesempatan ini kita lakukan juga Launching Pendaftaran Pasien Sistem Online, dan Sistem Rujukan Terintegrasi, sebagai bentuk peningkatan pelayanan yang kita berikan,” pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita