oleh

Santi Zahara : Dukcapil Mampu Cetak 1000 KTP Per Hari

Kolom:Peristiwa|42 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Palembang, Santi Zahara mengatakan bahwa dalam satu hari Disdukcapil mampu mencetak 1000 Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal itu disampaikannya pada saat nuansakita.com temui diruangannya, Jum’at (14/10).

Jadi sampai dengan hari ini, dari total wajib KTP penduduk kota Palembang sebesar 1.111.176 jiwa, yang sudah melakukan perekaman sebesar 98% dari total jumlah tersebut. Jadi tinggal 2% lagi yang belum melakukan perekaman. Ungkapnya

Selanjutnya, dari 2% yang belum melakukan perekaman tersebut akan terus kita sisir, apa penyebabnya mereka belum melakukan perekaman?, Bisa jadi penduduk tersebut sudah pindah cuma mereka tidak melapor, ataupun mereka juga sudah meninggal tapi masih tercantum dalam Kartu Keluarga (KK), atau ada juga mungkin yang sakit, hilang ingatan atau yang lumpuh yang tidak bisa berjalan. Kalau memang masih ada yang sakit yang hilang ingatan itu akan kita datangi untuk melakukan perekaman. Tegasnya

Baca juga :  Bupati Muba Menyerahkan Bantuan Alat Pemadam Kebakaran

Soal kekosongan blangko KTP dan KK saat ini Santi mengatakan bahwa blanko KTP itu kita mendapatkannya dari pusat dalam hal ini Dirjen kependudukan dan pencatatan sipil. Memang suplai dari pusat yang kita terima belum seimbang. Dengan jumlah penduduk yang datang melapor untuk melakukan pencetakan KTP elektronik. Jelasnya

Mengenai hal ini Disdukcapil sudah mendapatkan pemberitahuan dari pusat. Jadi ada surat edaran dari Dirjen adminduk bahwa untuk saat ini kita memprioritaskan untuk melakukan pencetakan bagi yang memang baru merekam, yang kemarin batas 30 September 2016 itu kan banyak masyarakat yang baru-baru merekam yang belum pernah mendapatkan KTP Elektronik sama sekali.

Baca juga :  Pergub Penyediaan Fasum Bagi Penyandang Disabilitas Segera Dikeluarkan

Jadi itu kita prioritaskan dulu untuk yang itu. Sementara untuk yang hilang, yang rusak, perubahan elemen diharapkan bersabar. Kalaupun mereka membutuhkan untuk urusan administrasi yang lainnya kita siapkan surat keterangan yang bisa dipergunakan untuk mengurus apa yang dibutuhkannya.
Namanya Surat Keterangan Kependudukan, jadi nanti dijelaskan bahwa yang bersangkutan dicantumkan semua data-datanya NIK-nya, bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman KTP Elektronik tapi belum dicetak karena kondisi blangko tadi yang belum bisa kita penuhi saat ini.

Kapan ada blangko kembali, informasinya itu sampai dengan November. Insya’ Allah pada bulan November kita akan menerima lagi itu distribusi blangko dari pemerintah pusat. Berapa banyaknya belum tahu itukan relatif, kalau kita sih maunya sebanyak-banyaknya, sebanyak yang belum tercetak bila perlu lebih. Ya kadang kita mintanya banyak, minta 20 ribu, kita ambil sendiri sampai disana (pusat) kita dikasih cuma 2 ribu.

Baca juga :  Bagikan 200 Sertifikat Gratis Untuk Masyarakat Muara Enim

Dalam sehari itu kalau yang datanya memang sudah siap untuk dicetak itu 1000/hari. Sehari kita cetak 1000 KTP yang statusnya print ready record dalam hal ini yang memang siap dicetak dan masyarakat yang belum mendapat KTP sebelumnya. Sedangkan KK dicetak oleh Kecamatan. Pungkasnya. (sibawaihi)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita