oleh

Struktur Bangunan Sudah Korosit, Pasar Cinde Memang Layak Direvitalisasi

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|8 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Rencana Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) merevitalisasi Pasar Cinde menjadi pasar modern akan berlanjut.

Setelah Tim Cagar Budaya Sumsel melakukan kajian terhadap pasar yang terletak di Jalan Jendral Sudirman Palembang tersebut. Hasilnya, kecenderungan beberapa ahli mengatakan bahwa pasa Cinde bangunannya sudah membahayakan.

“Insya Allah  akan kita  koordinasikan kepada pihak-pihak kompeten nanti, karena tiga atau empat ahli sudah melakukan testing dan uji untuk tahu bahwa di dalam bangunan, tulangnya sudah korosit dan membahayakan,” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, IGB Surya Negara, pada awak media di Griya Agung, Jumat (02/12).

Baca juga :  Moermahadi Soerja Ingatkan Kepala Daerah Jangan Berpuas Diri

Jika tidak segera direvitalisasi kembali, lanjutnya,  bangunan Pasar Cinde tidak dapat bertahan dan sewaktu-waktu terjadi gempa bisa roboh.

“Bayangin kalau itu roboh pasti membahayakan masyarakat terutama penjual yang di pasar cinde, dan bisa jadi pemerintah yang disalahkan,” kata Mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Sumsel.

Dijelaskannya, Pasar Cinde telah dua kali mengalami renovasi dan kali ini perlu dibangun kembali namun tetap mempertahankan serta melindungi cagar budayanya.

“Memang ada saling tarik pendapat, namun prinsip dasarnya struktur bangunan harus direnovasi, terlepas ada atau tidaknya event Asian Games 2018, namun ada beberapa design prinsip yang tetap dipertahankan seperti tiang cendawan,” tambahnya.

Baca juga :  Konsulat Jenderal Amerika Medan, Fokus Bantu Kelestarian Alam Sumsel

Surya Negara memastikan,  tidak ada pihak yang akan dirugikan dalam pembangunan renovasi pasar Cinde. “Arahan pak gubernur, pedagang yang bercokol lama akan diutamakan dengan itungan biaya sewa yang tidak memberatkan pedagang,” tegasnya.

Ditargetkan, peletakan batu pertama pembangunan revitalisasi pasar Cinde setelah bulan Januari, saat ini masih mencari dan mencocokan design bangunan. “Molor-molor dikit dak masalah, prinsip utama kita membangun pasar Cinde  karena memang sudah layak dibangun kembali,” singkatnya. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita