oleh

Sumsel Bangun Agro Tekno Park (ATP)

Kolom:Peristiwa|9 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sistem ketahanan pangan nasional merupakan sorotan yang paling penting untuk kelangsungan hidup masyarakat. Dimana dalam ketahanan pangan mencakup bidang peternakan, pertanian, dan kelautan, ketiganya tidak dapat dipisahkan karena merupakan satu kesatuan untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam hal kemajuan ekonomi.

Maka dari itu, pemerintah Provinsi membuat Agro Tekno Park (ATP) atau Science Techno Park(STP) yang berada di Inderalaya untuk mengembangkan potensi perekonomian yang ada.  Ogan Ilir dijadikan pusat IPTEK, Banyuasin dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api, dan Palembang yang akan dibangun sebagai kota metropolitan.

Baca juga :  Wow, Janji Gubernur Sumsel Berikan 1.000 Ustad-Ustadzah Honor Bukan Isapan Jempol

Menurut Ekowati Ratnaningsih, selaku kepala BAPPEDA Sumatera Selatan, saat acara seminar Dies Natalis ke-53 fakultas pertanian Unsri, Bahwasanya program Agro Tekno Park ini dibuat untuk membangun teknologi pertanian terpadu dan berbasis kearifan lokal yang harus dikembangkan agar dapat berkontribusi untuk kesejahteraan rakyat. Dengan cara mengelola kekayaan sendiri yang ada di Sumatera Selatan ini.

Ditambahkan, program ini dapat meningkatkan daya saing secara perekonomian yang lebih maju di era MEA ini, supaya masyarakat dapat secara mandiri bekerja untuk meningkatkan taraf pendidikan dan kesehatan.

Baca juga :  Sharing Leadership di BI, Herman Deru Bocorkan 3 Rahasia Kepemimpinannya

Sementara itu, Adi Suherman. Perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bahwa permasalahan yang sangat kompleks dalam hal kelautan adalah illegal fishing, dimana sumber ikan yang melimpah di Indonesia telah dicuri oleh negara-negara asing seperti Thailand dan Filipina. Tetapi setelah adanya peraturan bahwa kapal asing harus ditenggelamkan yang mencuri ikan di laut Indonesia, produksi Ikan naik dari 20,4% menjadi 40,9% tanpa adanya bantuan asing. tegasnya. (desta)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita