oleh

Tahun 2016 Kerugian Akibat Lakalantas, 7 Miliar

Kolom:Peristiwa|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Tahun 2016 telah berlalu, tentunya banyak peristiwa yang terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel). Diantaranya peristiwa yang sangat menonjol banyaknya kecelakaan lalulintas (laka), tidak tanggung-tanggung kerugian yang dialami mencapai Rp 7 miliar lebih.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah kecelakaan yang terjadi ditahun 2016 sebanyak 1.182 laka. Dari jumlah itu terdapat 644 pengendara mengalami luka berat. Kemudian, 941 mengalami luka ringan. Lalu, sebanyak 525 meninggal dunia, setengahnya akibat tabrak lari.

Kendati demikian, angka laka yang terjadi ditahun 2016 jumlah masih sangat jauh dibawah tahun 2016 dengan jumlah kecelakaan sebanyak 1.606 kasus. Dengan kerugian mencapai Rp 12 miliar lebih.

Baca juga :  Herman Deru: Pandemi Tak Menyurutkan Semangat Membangun Sumsel

Untuk menekan angka itu ditahun mendatang maka Dirlantas Polda Sumsel telah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya dengan melakukan operasi lilin yang biasa dilakukan setiap tahunnya.

Operasi Lilin Musi, mulai dari sosialisasi Kamsertibcarlantas, dalam penggunakan kelengkapan berkendaraan, seperti helm pelindung kepala, motor standar, hingga kelengkapan surat menyurat. Selanjutnya memetakan sekaligus menempatkan personil lalu lintas di titik rawan kemacetan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi M didampingi Dir Lantas Raden Slamet Santoso menegaskan pihaknya dalam mengatasi kerawanan lalu lintas, mengajak masyarakat ikut serta melaporkan seputar lalu lintas agar cepat diatasi.

Baca juga :  Sumarni Demi Lahirkan Anak, Pertaruhkan Nyawa

“Bagi pengendara juga kita minta untuk lebih tertib dalam berkendaraan. Untuk memperhatikan rambu-rambu yang ada, tidak melakukan pelanggaran, sebab kecelakaan terjadi sebagian besar karena kelalaian,” ungkap Agung.

Sementara Slamet, telah menjalankan program nitizen dengan NTMC Dirlantas Polda Sumsel. “Setiap laporan seperti titik kemacetan, hingga kecelakaan. Akan lebih cepat kita atasi, dan ini informasinya bisa dipercaya, langsung dari nitizen telah bekerja sama dengan NTMC Polda Sumsel” tanggapnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita