oleh

Tahun Ini, Sumsel Jadi Provinsi Universal Health Coverage 

Kolom:Peristiwa|2 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Gubernur Sumsel Herman Deru memastikan Sumsel segera menjadi Provinsi Universal Health Coverage (UHC) di tahun 2019 ini. Menurutnya, selain terus memacu kesadaran masyarakat mendaftar BPJS Kesehatan, secepatnya ia akan mengeluarkan surat edaran ke perusahaan. Surat itu berupa imbauan agar perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya BPJS Kesehatan segera menunaikan kewajibannya.
“Ingatkan saya, secepatnya saya akan buatkan edaran itu ke perusahaan-perusahaam di Sumsel. Mereka wajib mendaftarkan karyawannya ke BPJS, kalau mereka tidak mau kita cabut izin usahanya,” tegas HD.
Menurut dia, layanan kesehatan adalah hak setiap karyawan yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. Dan hal itu tak bisa disepelekan oleh perusahaan.
“Insya Allah tahun ini juga Sumsel bisa jadi provinsi yang UHC,” tegas HD kepada awak media.
Saat ini jelas HD, dua kabupaten di Sumsel yakni Muaraenim dan Lahat sudah mencatatkan diri sebagai Kabupaten UHC. Sementara coverage BPJS kabupaten sebagian besar lainnya sudah mendekati 100%.
“Mudah-mudahan setelah kita gelontorkan dana dari Provinsi ini semua terpenuhi. Untuk masa transisi ini ada dana Rp56 miliar. Paling lambat enam bulan ke depanlah semua sudah tercover dan Sumsel segera menjadi Provinsi UHC menyusul Aceh dan DKI, karena semua memang harus bermuara ke JKN Sumsel Bersatu,” tukas dia.
Untuk diketahui Universal health coverage merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Cakupan universal mengandung dua elemen inti yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. Rip
Baca juga :  2.000 Set APD Didistribusikan ke Kabupaten/Kota di Sumsel

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita