oleh

Tambah 30 Orang Positif Corona di Sumsel, Totalnya Kini Mencapai 84 Kasus

Kolom:Peristiwa|1 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Hari ini (18/04), Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) melalui juru bicara (jubir) Tim Percepatan Penanganan Covid 19 di Provinsi Sumsel merilis update jumlah kasus Covid-19. Hasilnya terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru sebanyak 30 orang.
Jubir Tim Percepatan Penanganan Covid 19 di Provinsi Sumsel, dr Zen Ahmad SpPD (K), menjelaskan penambahan pasien terkonfirmasi ini  tersebar di sejumlah Kabupaten dan Kota seperti Palembang sebanyak 22 orang (20 transmisi lokal dan 2 impor), Kabupaten Muara Enim 1 orang (masih dalam penyelidikan, Kabupaten OKI 1 orang (kasus impor), Kota Prabumulih 1 orang (masih dalam penyelidikan),  Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) 3 orang (kasus transmisi lokal), Kabupaten Banyuasin 1 (masih dalam penyelidikan), serta Kabupaten Ogan Ilir (OI) 1 orang (transmisi lokal).
“Kalau kemarin kita umumkan 54 orang. Dengan total jumlah 84 yang terkonfirmasi positif hari berarti ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid yang baru sebanyak 30 orang,” terangnya.
Dengan adanya penambahan ini, dr Zen, menghimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan physical distancing dengan menjaga jarak antara satu orang dengan seseorang lainnya. Apalagi, menurutnya, virus ini paling jauh menyebar dalam jarak satu sampai dua meter.
“Jika kita berada jarak lebih dari 1-2 meter itu kemungkinan masuknya virus ke saluran pernapasan menjadi sangat kecil. Itu makanya physical distancing ini sangat penting,” tegasnya.
Tak hanya menjaga jarak, upaya menghindari penyebaran virus ini kata dr Zen adalah dengan rutin dan disiplin menggunakan masker kemanapun. Kemudian menghindari keramaian, dan tidak bepergian ke tempat ramai tanpa alasan yang jelas.
“Biasakan mencuci tangan selepas berkegiatan dan menjalani pola hidup sehat. Pesna ini tak jenuh kami ulang-ulang karena penting untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Palembang dan Sumsel,” terangnya.
Selanjutnya untuk kasus ODP di Sumsel berjumlah 2.422 orang. Dimana dari jumlah tersebut ada 1.844 orang yang selesai pemantauan sehingga jumlah ODP yang terdata kini berjumlah 578 orang.
Sedangkan jumlah PDP seluruhnya hingga hari ink ada sebanyak 94 orang, dimana 63 orang diantaranya sudah pulang ke rumah karena  negatif Covid-19. Serta yang masih dalam proses pengawasan menjadi 31 orang. “Serta ada penambahan PDP sebanyak 8 orang,” jelasnya.
Sementara itu untuk jumlah sample yang sudah diperiksa di lab ada sebanyak 278 dengan hasil pemeriksaan 108 orang negatif serta  86 sample lagi masih dalam proses pemeriksaan. Sementara itu untuk kasus pasien sembuh berjumlah 4 orang dan yang meninggal 3 orang.
“Dari hasil pemeriksaan itulah jumlah sample positif mencerminkan jumlah kasus yang terkonfirmasi ada total sebanyak 84 orang,” jelasnya.
Terkait banyaknya penambahan pasien ini, dr Zen menjelaskan bahwa pasien yang terkonfirmasi Covid memiliki beberapa macam gejala. Mulai dari ringan, sedang hingga berat atau bahkan tidak bergejala sama sekali.
“Nah untuk gejala klinis berat memang harus dirawat di RS rujukan utama soalnya ada kemungkinan terjadi gagal napas sehinggva membutuhkan ventilator. Kalau gejalaklinis sedang cukup dirawat di RS second line,” tukas dia. Rip
Baca juga :  BPN Diminta Kaji Pembebasan BPHTB Rumah Murah

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita