oleh

Tenaga Kerja Asing yang Masuk Sumsel di Dominasi Asal Tiongkok

Kolom:Ekonomi, Peristiwa|8 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Tercatat sampai bulan november 2016 sudah 500 tenaga kerja asing yang masuk ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi (legal). Tiongkok tenaga kerja terbanyak yang masuk ke Sumsel, disusul Singapura dan Thailand, Inggris, dan Amerika. kamis (17/11).

Hal ini diungkapkan oleh Barlian S.H, M.H selaku ketua kepala imigrasi tingkat I Provinsi Sumsel.

Ditambahkan, apabila ada tenaga kerja asing yang kerja di Indonesia sejak awal harus ada rekomendasi dari perusahaan asal dan wajib melapor ke Disnaker terlebih dahulu. Setelah mendapat izin dari disnaker, baru pihak imigrasi mengeluarkan surat izin tinggal terbatas.

Baca juga :  Sekda Sumsel Pensiun, Alex Noerdin : Paling Idak Jumat Lah Ado Plt-nyo

” tenaga kerja asing yang masuk akan diawasi dari mulai masuk, tempat tinggal, maupun kegiatan kerja”.

Lebih lanjut Barlian mengatakan. Saat ini tenaga asing yang lebih terampil pun telah banyak yang masuk ke Indonesia, hal ini menyebabkan persaingan untuk masuk lapangan kerja semakin ketat dan sulit. Di Sumsel tenaga asing yang paling banyak berada di PT. Oky Pulp and Papper Mills dan PT. Sri Trang Lingga.

Untuk itu pihak imigrasi sudah melakukan pengawasan, dan  membuat peraturan ketat terhadap tenaga kerja asing yang masuk khususnya di provinsi Sumatera Selatan. Ketika ingin masuk ke Indonesia dengan alasan kerja, Warga negara Asing (WNA) wajib mempunyai visa khusus izin kerja, urainya.

Baca juga :  Tingkatkan PAD, Bapenda Gandeng Lakukan Razia Pajak Kendaraan

Apabila warga negara asing dengan visa wisata ada yang bekerja di indonesia , maka itu akan ditindak karena termasuk tenaga kerja illegal dan melanggar hukum, tutupya. (desta)

 

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita