oleh

Tingkatkan PAD, Pemprov Sumsel Launching Program Samsat Online Keliling

Kolom:Peristiwa|34 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Untuk  memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak tahunan kendaraan, pemerintah provinsi Sumsel melaunching Samsat Online Keliling, Samsat Mall, serta Samsat Corner/Payment Point BSB  di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sumsel, Rabu (05/04).

Sekda provinsi Sumsel, Joko Iman Sentosa mengatakan bahwa launching dan penyerahan mobil Samsat Online Keliling ini untuk meningkatkan pelayanan publik dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraannya.

“Kita ingin mendekatkan dan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, kita berharap dengan fasilitas ini kinerja petugas semakin baik seiring  penghimpunan pajak kendaraan yang meningkat,” harap Joko.

Menurutnya,  pajak merupakan tulang punggung APBD Sumsel, oleh karena itu agar mencapai pemenuhan APBD, pemerintah terus berusaha keras mengoptimalkan pendapatan dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

Baca juga :  Media Asing Berkunjung ke Sumsel, Alex Noerdin Pamer JSC

“Pajak memberikan kontribusi sebesar 40 persen untuk PAD, dan 60 persennya dari dana alokasi umum (DAU) tahun 2016 lalu pendapatan pajak kita hanya bisa mencapai 50 persen jadi diharapkan tahun ini bisa 100 persen apalagi sudah ada samsat keliling online. Ini untuk meningkatkan hasil PKP, mengejar target kurang lebih Rp1,5 Triliun,” urai Joko.

Sementara itu Kepala Bapenda Sumsel Marwan Fansuri mengatakan pada hari ini ada 20 unit mobil samsat online keliling yang dikeluarkan oleh pemprov Sumsel dengan anggaran Rp.  4 Miliar, serta  21 unit motor untuk penagihan pajak door to door yang menelan  anggaran Rp. 396 juta

Baca juga :  Lantik Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Adiyaksa Dault , Ini Pelantikan Terlengkap dan Paling Meriah

Dikatakabya, 20 unit mobil tersebut akan disebar ke kabupaten/kota di Sumsel seperti Palembang sebanyak 3 unit, Musi Banyuasin sebanyak 2 unit dan OKU Timur sebanyak 2 unit, dan kabupaten lainnya  masing-masing 1 unit mobil Samsat keliling.

Namun, untuk kabupaten Muratara dan OKI  belum mendapatkan unit mobil untuk Samsat keliling dikarenakan anggaran dananya belum memadai.

Sementara untuk pelayanan payment point akan berada di empat titik lokasi, yakni di KM 12, Lemabang, Mariana dan Parameswara. Kesemuanya, berlokasi di kantor Bank Sumsel Babel. Sedangkan untuk layanan Samsat Corner akan tersebar di 4 titik, yakni Palembang Trade Center, Palembang Square, Palembang Indah Mall dan OPI Mall.

Baca juga :  Ketua TP PKK Sumsel: Penyandang Disabilitas Butuh Keterampilan

“Baru PTC dan PIM yang akan langsung beroperasi, untuk PS dan OPI mall secepatnya akan dioperasikan,” katanya.

Dengan launching ini, diharapkan adanya peningkatan pelayanan dan pendapatan daerah. Seperti diketahui, tahun 2017 ini target realisasi PKB meningkat dibandingkan tahun 2016 yang lalu sedangkan untuk BBNKB sendiri menurun dibandingkan tahun 2016.

Untuk target realisasi PKB Rp 1,03 triliun menjadi Rp 1,08 triliun, sedangkan BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor dari semula Rp 740 miliar menjadi Rp 600 miliar.

“Harapannya, pendapatan khususnya PKB (pajak kendaraan bermotor,red) akan meningkat. Karena mempermudah masyarakat dalam membayar pajak, tak perlu mengantri lagi,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita