oleh

Total Warga Sumsel Positif Corona 11 Orang, Ombudsman Tinjau Posko Tanggap Covid-19

Kolom:Peristiwa|4 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), akhirnya secara resmi membentuk posko Sumatera Selatan Tanggap Covid-19 Sumatera Selatan pada akhir maret yang lalu setelah ada warga sumsel yang positif terjangkit Covid-19. Selain dijadikan tempat pengolahan data juga informasi terkini perkembangan Covid-19 bagi masyarakat yang ingin mengetahui secara langsung alur pemeriksaan covid-19.
“Kami sangat mengapresiasi kebijakan Gubernur Sumsel yang cepat tanggap dengan mendirikan Posko ini selain itu juga telah disiapkan juga Wisma atlet yang berada di kompleks Jakabaring Sport City Palembang dijadikan rumah sehat Covid-19 untuk penanganan pasien Orang Dalam Pantauan (ODP), harapan kita bersama agar upaya-upaya seperti ini dapat menekan penyebaran virus corona yang tampaknya makin hari makin bertambah di Sumsel ini”, ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel, M. Adrian Agustiansyah.
Adrian menambahkan trend dalam tiga hari terakhir ini nampaknya semakin meningkat, sampai hari ini dilansir dari covid19.go.id per 02 April 2020, update situasi penyebaran Covid-19 di Sumsel yang terkena positif Covid-19 yang semula lima orang menjadi 11 orang dengan meninggal dua orang.
Ombudsman pun meninjau secara langsung kondisi posko yang berada tepat di Halaman Kantor Gubernur Sumsel tersebut. Disamping memastikan kesigapan petugas juga menguji validasi informasi dan mencari tahu prosedur penanganan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi secara langsung alur pemeriksaan covid-19, Kamis (02/04).
“Kedatangan Ombudsman tanpa konfirmasi ini, merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya, banyak informasi yang dapat diambil, namun sayangnya hanya ada petugas pelaksana, belum dapat menjawab secara rinci pertanyaan seputar informasi yang sudah terpasang di posko tersebut,” ujar dia.
Ditemui di sela-sela peninjauan tersebut mengatakan, Ombudsman Sumsel sebelumnya juga telah menguji nomor call center yang saat ini menjadi rujukan bagi masyarakat sumatera selatan yang hendak mendapatkan informasi secara online terkait virus corona tersebut, hasilnya dari tiga nomor yang ada, dua diantaranya direspon dengan baik meskipun diketahui nomor tersebut adalah nomor pribadi langsung anggota satgas bukan nomor khusus yang disediakan, sisanya 119 ext 9 sangat sibuk sehingga sulit untuk terhubung dengan operator, pengelolaan call center 119 ext 9 diketahui terpusat secara nasional bukan secara khusus yang dikelola langsung oleh Pemprov Sumsel.
“Sebetulnya kita berharap nomor call center yang ada memang nomor yang disediakan khusus bukan nomor pribadi dan dikelola oleh operator/petugas khusus dari pemerintah provinsi sumsel atau satgas penanganan covid-19 sumatera selatan yang menangani informasi ini agar kedepan tidak membingungkan dan dapat secara total menyajikan informasi kepada masyarakat sumsel yang membutuhkan kepastian informasi terkait covid-19 tersebut termasuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh masyarakat”, tukas dia. Rip
Baca juga :  Iskandar Resmi Jabat Bupati OKI Periode 2019-2024

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita