oleh

Tuntut Kesejahteraan, Buruh PT. BRK Ogan Ilir Datangi DPRD Sumatera Selatan

Kolom:Peristiwa|71 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ratusan Buruh mendatangi gedung DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Senin (03/04). Mereka bermaksud mengadukan masalah yang mereka alami kepada DPRD.

Ratusan Buruh tersebut merupakan tenaga kerja PT. Bumi Rambang Kramajaya (BRK) yang berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Mereka tiba di halaman DPRD Sumsel pukul 11.30 WIB menggunakan 4 kendaraan pickup dan 3 truk dengan membawa bendera merah putih. Disana sudah ada ratusan aparat keamanan yang bersiap mengamankan jalannya aksi.

Adapun tuntutan utama para Buruh adalah soal kesejahteraan yang menurut mereka selama puluhan tahun mereka bekerja di PT BRK belum mereka dapatkan.

Baca juga :  Ar Rasyid Rumah Sakit Bernuansa Islami

“Kami menuntut dikeluarkannya surat pengangkatan karyawan tetap dari awal terjadinya hubungan kerja sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 63 dan Keputsan Menteri (Kepmen) No. 100 Tahun 2004, ujar koordinator aksi, Syahreza Fahlepie.

Buruh juga menuntut diberikannya alat perlindungan kerja dan sarana kerja karyawan sesuai dengan UU No. 1 Tahun 1970 dan Permenakertrans No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

“Kami juga menuntut agar pihak perusahaan memberikan fasilitas kesejahteraan antara lain, perumahan layak huni, penerangan, perairan dan fasilitas ibadah, fasilitas kesehatan (klinik kesehatan) serta MCK kepada karyawan,” tegas Syahreza.

Baca juga :  Pekerja Sumsel yang Terlantar di Malaysia Akhirnya Bisa Berkumpul dengan Keluarganya

Setelah melakukan orasi perwakilan buruh diterima dialog oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Yansuri serta Anggota Komisi V diantaranya, RA Anita Noeringhati, Holda dan Arswendi.

“Kami akan segera memanggil pihak PT. BRK apabila data mengenai persoalan yang dialami para buruh sudah lengkap untuk itu kami minta lengkapi dulu semua data yang diperlukan seperti surat perjanjian kerja dan lain-lain,” kata Yansuri.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita