oleh

USS dan PWI Sumsel Resmi Jalin Kerja Sama

Kolom:Peristiwa|1 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Untuk memperkuat kerja sama perguruan tinggi dan organisasi profesi, Universitas Sumatera Selatan (USS) langsung tancap gas kerja sama dengan sejumlah lembaga penting. Universitas berkonsep Entrepreneur University ini, resmi menandatangani kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, Kamis (25/06).
Kerja sama ini saling menguntungkan kedua belah pihak antara lain dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat), serta meningkatkan profesionalisme profesi.
Penandatanganan dilakukan oleh Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, MSc, PhD, diwakili Plh. Rektor Dr. Ir. Leila Kalsum, MT, dan Ketua PWI Sumsel H. Firdau Komar, S.Pd, M.Si, di Aula Kampus A USS, Kota Palembang.
Hadir mendampingi Ketua PWI Sumsel, Wakil Ketua PWI Sumsel yang juga sesepuh PWI Anwar Rasuan, Sekretaris PWI Sumsel Dwitri Kartini, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Zulhanan, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Icuk M Zakir, Seksi Bidang Pendidikan Maspril Aries, serta tim lainnya.
Sementara dari pihak USS, hadir mendampingi Plh. Rektor, antara lain Wakil Rektor II USS Wiwiek Widharti, para Dekan, Kepala Humas dan Marketing USS H. Agus Srimudin, para Kepala Biro, Para Ka. Prodi, serta para dosen dan civitas akademika USS.
Plh. Rektor USS, Leila Kalsum, mengatakan USS menyambut baik kerja sama antara USS dan PWI Sumsel. Sebab, lembaga perguruan tinggi dan organisasi profesi wartawan penting dijalin kerja sama dalam rangka sama-sama ikut membangun bangsa.
“Sinergi kedua lembaga, antara perguruan tinggi dan organisasi profesi sangat penting. Untuk teknis akan kita tindaklanjuti dalam program bersama,” ujar Leila.
Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar, mengatakan kerja sama kedua belah pihak adalah kerjasama saling menguntungkan alias simbiosis mutualisme.
“Banyak yang bisa kita kerjasamakan, antara organisasi profesi wartawan dengan perguruan tinggi. Kita berharap kerja sama ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak,” kata Firdaus.
Rektor pertama USS, Mahyuddin Ns, menyambut baik kerjasama USS dan PWI Sumsel, terlebih USS mengusung konsep Entrepreneur University yang dapat diberdayakan bersama organisasi profesi PWI Sumsel.
“Kerja sama ini amat penting. Saya senang ada kerja sama ini, sebab dapat meningkatkan SDM dan profesionalisme wartawan. Silakan apa saja yang bisa kita kerjasamakan nanti ditindaklanjuti,” kata mantan Gubernur Sumsel yang juga mantan Ketua Komisi X DPR RI itu.
Prof. Mahyuddin menambahkan, semua Prodi di USS memiliki keunggulan, sebab konsep perkuliahan diarahkan kepada pendidikan dan menyiapkan mahasiswa yang berjiwa Entrepreneur, mandiri, dan siap bekerja bahkan menciptakan lapangan kerja.
Terpisah, Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, sebelumnya mengatakan, USS sangat bangga dengan kerjasama ini. Bahkan, USS siap bekerjasama dalam banyak hal untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa.
Yudha juga mengatakan, USS saat ini tengah melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021. Tahap awal USS menerima mahasiswa baru untuk empat fakultas dengan lima Program Studi (Prodi).
Empat Fakultas tersebut ialah Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Fakultas Ilmu Komputer (Ilkom), Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pertanian. Lima Prodi, semua jejang Strata Satu (S1) yang buka pendaftaran mahasiswa baru ialah Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Komputer, Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Perikanan, dan Prodi Agribisnis.
Untuk pendaftaran mahasiswa baru digratiskan biaya pembangunan. Tempat perkuliahan USS memiliki tiga kampus, Kampus A di Jl. Letnan Murod, Talang Ratu, Km 5 Palembang, Kampus B di Graha Bunda Jl. Jend. Sudirman Km 4 Palembang, dan Kampus C di area RS Bunda Medika, Jakabaring. Biaya pendaftaran calon mahasiswa baru dan biaya kuliah per semester sangat terjangkau.
“Universitas Sumatera Selatan diasuh oleh tenaga-tenaga profesional para Doktor dan puluhan Magister. USS melakukan kolaborasi yang apik antara akademi dengan entrepreneurship, sehingga kita meyakini alumni-alumni USS ke depan bisa diandalkan, baik ketika membuka perusahaan sendiri maupun ketika bekerja di perusahaan-perusahaan masyarakat, mereka akan menjadi karyaawan-karyawan yang dapat diandalkan dan memiliki jiwa entrepreneur mind,” kata Yudha.
“Untuk meningkatkan pengembangkan kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, USS juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan mitra, antara lain telah menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Universitas Sriwijaya. Prodi-prodi yang berkaitan dapat melakukan kerjasama lebih lanjut,” kata mantan Ketua HIPMI Sumsel itu.
Ketika penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) USS dan UIN Raden Fatah di Hotel Aryaduta Palembang beberapa waktu lalu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. HM. Sirozi, MA, Ph.D mengatakan bahwa USS memiliki modal dan semangat luar biasa.
“USS ini saya kira mulai dengan modal, capital, dan semangat luar biasa. Walau usianya masih muda, tetapi program-programnya sudah mulai berjalan, ditambah lagi proyeksi pengembangan sarana dan prasarana yang juga luar biasa,” tukas Prof. Sirozi. Rip
Baca juga :  Herman Deru: Ponpes Tumbuh Subur di Sumsel 

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita