oleh

Wanita Harus Menjaga Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Kolom:Budaya, Peristiwa|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Women Crisis Center (WCC) Palembang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengadakan acara seminar publik bagi penyedia layanan dan organisasi kemasyarakatan tentang pentingnya Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) Perempuan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) kota Palembang, Senin (5/12).

Direktur Eksekutif WCC Palembang, Yeni Roslaini. mengatakan ingin Puskesmas, Rumah Sakit dan Institusi lainnya yang melayani kesehatan masyarakat memiliki kesadaran pentingnya pemenuhan HKSR bagi Perempuan.

“Karena banyak sekali penyakit kesehatan yang berkaitan bagi kesehatan reproduksi seperti Kanker Serviks, Kanker Payudara dan yang lainnya yang menimpa Perempuan, sementara informasi mengenai layanan kesehatan ini sangat terbatas padahal penting,” Ujarnya.

Baca juga :  Gubernur Herman Deru Imbau Semua OPD Gunakan Data BPS

Menurutnya, selama ini hanya fokus pada kesehatan reproduksi saja, padahal kesehatan seksual itu juga penting, bagaimana penghargaan terhadap kualitas reproduksi perempuan ini yang sering diabaikan oleh keluarga, masyarakat, pemerintah.

Yeni berharap layanan-layanan masyarakat seperti puskesmas, rumah sakit ikut berpartisipasi terkait dengan informasi dan layanan-layanan seksual reproduksi.

“Kita berharap Puskesmas, Rumah Sakit menjadi pintu pertama tempat pertolongan ketika perempuan dan anak menjadi korban,” kata Yeni Roslaini.

“Misalnya ada ruang untuk ibu dan remaja ketika ada persoalan terkait dengan seksual reproduksi bisa berkonsultasi dan dijaga kerahasiaan,” Pungkasnya. (sibawaihi)

Baca juga :  Gubernur Pantau Protokol Kesehatan Shalat di Masjid Agung Palembang

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita