oleh

Waspada Mei Puncak Musim Hujan Lebat

Kolom:Peristiwa|34 kali dilihat

NuansaKita – palembang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palembang memperkirakan pada bulan maret sampai dengan awal bulan mei kota Palembang masih dalam masa puncak musim hujan, sedang banyak hujan lebat disertai angin kencang, dan kilat atau petir.

Hal ini disampaikan oleh Dara Kasiharani, SST selaku Prakirawan BMKG Provinsi Sumsel di BMKG Stasiun Klimatologi kelas I Kenten Palembang, Jumat (31/03).

Dara mengungkapkan, bahwasanya pada bulan april curah hujan di Sumatera Selatan sudah mulai turun, dan pada bulan mei akan memasuki musim pancaroba.

Baca juga :  PEKAT Indonesia Bersatu Gelar Musda

“Ketika bulan Mei akan memasuki musim pancaroba, yakni peralihan dari musim hujan ke musim kemarau,”.
Lanjut Dara, menanggapi fenomena hujan es yang terjadi di Jakarta, menurutnya itu merupakan hal yang biasa terjadi di indonesia pada musim peralihan. Misalnya di Sumatera sedang musim hujan, kalau di daerah Jawa sedang memasuki musim pancaroba.

“Apalagi daerah Jawa yang sedang mengalami musim peralihan, memiliki topografi pegunungan, serta dikelilingi lautan secara dekat sehingga proses-proses pembentukan awan hujan yang menimbulkan hujan es sangat mungkin terjadi. Hujan es juga pernah terjadi di Sumatera Selatan yakni di Musi Rawas utara tahun lalu, jelasnya.

Baca juga :  Ketua AAI: Jangan Lahirkan Advokat Dengan Standar yang Tidak Jelas

Faktor yang menyebabkan hujan es ini terjadi yakni semua bentuk presipitasi hujan, hujan es, salju sebagai hasil proses pembentukan awan, tinggal yang menentukan adalah awan. Untuk hujan es, dibentuk dari awan kumulonimbus.

“Awan kumulonimbus berbentuk seperti bunga kol besar, begitu dinamis sehingga memungkinkan untuk terjadi hujan es. Untuk hujan es terdapat ciri-ciri yakni satu hari sebelum terjadi hujan es, udara dari malam sampai pagi hari terasa panas dan gerah yang diakibatkan radiasi yang sangat kuat yang bisa diamati dari jam 7 pagi sampai jam 10, tambahnya.

Baca juga :  Komisi IV DPR RI Apresiasi Upaya Pemprov Sumsel Tekan Karhutla

Dara menambahkan, apabila dikota palembang terjadi cuaca buruk maka harus waspada. Dihimbau kepada masyarakat untuk berlindung ke bangunan yang permanen, tidak berlindung di bawah pohon, tidak berlindung di bawah reklame yang besar untuk menghindari angin kencang dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tukasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita