oleh

WCC : Masalah Perempuan Adalah Kemiskinan

Kolom:Peristiwa|36 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Permasalahan perempuan masih dianggap sebagai kodrat yang memang wajar diterima oleh perempuan dan bukan menjadi masalah yang menjadi tanggungjawab negara (pemerintah). Banyaknya permasalahan perempuan yang dialami sangat berdampak kepada tingginya angka kemiskinan.

Hal itu disampaikan oleh Women Crisis Center (WCC) Palembang melalui pernyataan sikapnya dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2017 di Hotel Amaris, Selasa (08/03).

Ketua WCC Palembang, Yeni Roslaini mengungkapkan bahwa masalah yang dihadapi perempuan seperti tingginya tingkat kehamilan yang tidak diinginkan, tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan salah satunya kekerasan seksual, minimnya perlindungan sosial, buruknya kesehatan termasuk kesehatan reproduksi perempuan dan minimnya tingkat pendidikan anak perempuan juga turut menyumbang terhadap tingginya tingkat kemiskinan.

Baca juga :  Tahun 2016 Kerugian Akibat Lakalantas, 7 Miliar

“Secara umum permasalahan ini telah menjadi sumber pemiskinan terhadap perempuan,” ujar Yeni.

Yeni juga menegaskan bahwa perempuan adalah Warga Negara Indonesia dan sudah menjadi tanggungjawab negara (pemerintah) untuk menjamin kehidupan perempuan yang layak, sejahtera, tidak terdiskriminasi, bebas dari segala bentuk kekerasan, mendapat pendidikan yang layak dan ikut dalam pengambilan kebijakan.

Pada peringatan Hari Perempuan Internasional tahun 2017 ini, WCC Palembang dan kelompok perempuan dampingan WCC Palembang yang berjumlah 106 orang, yang merupakan perwakilan dari 10 kelompok perempuan dampingan WCC Palembang di Propinsi Sumatera Selatan bersepakat untuk melakukan tindakan konkrit di lapangan berupa: Pendidikan dan Kesadaran kritis bagi anggota, Advokasi kebijakan Negara, serta membangun hubungan dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan untuk advokasi aturan, nilai, norma yang mendiskriminiasi perempuan.

Baca juga :  Ir.Soekarno Tanamkan Sikap Gotong Royong

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita