oleh

Wujudkan Sumsel Smart Province, Alex Noerdin Launching Program S2C

Kolom:Peristiwa|8 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin resmi melaunching program Sumsel Smart and Care (S2C) yang merupakan inovasi proyek perubahan sebagai langkah awal dalam rangka mewujudkan Sumsel sebagai Smart Province, berlangsung di Griya Agung Palembang, Senin (20/11).

Launching program tersebut melibatkan para mahasiswa IT dari perguruan tinggi di Sumsel dan relawan TIK Sumsel, tujuannya untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat serta tuntutan masyarakat yang tinggi, sehingga Pemerintah Sumsel menyiapkan layanan untuk internal maupun eksternal dengan sistem yang efektif, responsif, dan modem.

Alex menyampaikan, Sumsel Smart Province adalah konsep pemanfaatan ICT (information and communication technologies) untuk semua aktivitas kegiatan dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif atau Good Governance.

Baca juga :  Antisipasi Karhutla di Sumsel, Bupati dan Wako Ditunjuk Jadi Bagian Satgas Provinsi

“Program S2C ini luar biasa keratifitasnya sangat inovatif dan program ini tidak kalah dengan kota kota besar lainnya di luar pulau sumatera. Karena program ini sangat bagus, diharapkan dapat diteruskan berkelanjutan, syarat utamanya adalah jaringan internet yang kuat dan merata, Provinsi Sumsel menjadi yang pertama mendapatkan jaringan interner kuat,” ungkapnya.

Sementara itu, Project Leader Program S2C, Dr. Inanda Karina Astari Fatma, yang juga Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel mengatakan, dalam kurun waktu kurang dari 2 (dua) bulan tim efektif yang yang terdiri dari unsur Pemerintah, BUMN/BUMD, Swasta dan Masyarakat, telah berhasil mewujudkan Program Sumsel Smart and Care.

Baca juga :  Gubernur Deru Geber Program Anyar ‘Grebeg Masjid’ di Awal 2020

Lanjut dia, program ini sejalan dengan kebijakan Gubernur Sumsel yakni dengan terbitnya Peraturan Gubemur Sumatera Selatan Nomor 47 Tahun 2017 tanggal 7 November 2017, tentang penyelenggaraan Sumsel Smart Province.

Dengan adanya Peraturan Gubernur ini, diharapkan dapat mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik OPD di lingkungan Pemprov Sumsel sehingga gerak dan arah pembangunan menuju Smart Province semakin cepat terwujud.

“Ini sesuai dengan visi misi pembangunan daerah. Sumsel sejahtera, lebih maju dan berdaya saing internasional,” terangnya.

Masih dilanjutian Inanda Karina Astari Fatma, dalam mewujudkan Sumsel Smart Province yang terdepan, perlu mendapatkan dukungan dari Smart Society (masyarakat cerdas), sehingga dalam program S2C ini diadakan Lomba Aplikasi Inovatif Tahun 2017 dengan kategori Aplikasi Mendukung ASIAN GAMES 2018 dan kategori Aplikasi yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyakarat Sumsel.

Baca juga :  Temu Karya Nasional di Bali, Sugeng Riyanto Tampilkan Inovasi Pesawat Pengusir Burung

“Ternyata, potensi yang dimiliki sumsel sangat luar biasa, hal ini dibuktikan dengan aplikasi-aplikasi yang diciptakan oleh para mahasiswa seperti Sumsel Museum, ASUMSI (Aplikasi Sumsel Bersih), SMART (Sumsel Aman dan Ramah Transportasi), Palembang Guide, TASIA (Tanya ASIAN GAMES 2018),” paparnya. Rip

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita