oleh

Aksi Masyarakat Desa Muara Megang Masih Berlangsung

Kolom:Politik|42 kali dilihat

NuansaKita – Mura : Memasuki hari ke-10 aksi masyarakat Desa Muara Megang Kec.Megang Sakti Kabupaten (MURA) Musi Rawas Sumatera Selatan masih berlanjut. Mereka yang tergabung dalam Forum Diskusi Masyarakat Muaramegang (FDMM) dan sampai sekarang Belum ada respon positip dari pihak pemerintah ataupun pihak terkait lainnya. Hal ini dikatakan Saidina selaku kordinator warga. (06/10/2016)

Mereka meminta untuk menyelesaikan permasalahan tuntutan masyarakat. Hari ini masyarakat menutup jalur seluruh kegiatan dalam kebun. Tuntutan masyarakat sudah berlangsung cukup lama, bermula dari awal tahun 2015. masyarakat mempertanyakan hak KEBUN PLASMA yang sudah diatur oleh undang-undang no.18 2004 dan PERMENTAN 2007, tapi di tiadakan oleh PT.LONSUM. dalam investigasi kami masyarakat selama hampir 2 tahun ini,’Kata Saidina

Baca juga :  Pemilik Hak Suara PAN Muara Enim Dukung H. Iskandar,SE Sebagai Ketua DPW PAN Sumatera Selatan

Kami tidak mendapati HGU PT.LONSUM yang berkebun di Desa Muara Megang. Sangat tepat jika pada tahun 2012 Bupati Musi Rawas telah mengeluarkan SK yang menghentikan seluruh kegiatan perusahaan di desa muara megang, akan tetapi PT.LONSUM tetap beroperasi hingga saat ini. Berdasarkan data yang kami dapatkan juga, bahwa PT.LONSUM melapor kepada PANSUS DPRD MURA bahwa kebun PT.LONSUM dalam wilayah Desa Muara megang seluas 883ha dan plasma telah ADA, padahal jelas kenyataan dilapangan kebun PT.LONSUM di wilayah Desa Muara megang sudah diatas 1.500ha dan TIDAK ADA KEBUN PLASMA MASYARAKAT.

Baca juga :  Dodi Umumkan Nama Wakilnya Setelah Lebaran

walau pun telah ada riak-riak provokatif dari pihak karyawan perusahaan ataupun preman-preman bayaran perusahaan yang dibenturkan. Masyarakat akan tetap bertahan melakukan aksi, dan tidak akan membubarkan diri sampai tuntutan dipenuhi. TUNTUTAN SUDAH JELAS, PT.LONSUM TUNJUKAN SERTIFIKAT HGU DALAM WILAYAH MUARA MEGANG DAN LAKUKAN UKUR ULANG, sebab indikasi kuat wilayah muara megang sudah melebihi batas izin bahkan diluar HGU sama sekali,’jelasnya. (tsm)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita