oleh

Belajar Legislasi, MPM Polsri Kunjungi DPRD Sumsel

Kolom:Politik|27 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka studi tentang legislastif, Jumat (10/03).

Derryl Trijaya, selaku ketua MPM Polsri mengatakan kunjungan ini sebagai upaya MPM Polsri untuk belajar langsung ke lembaga legislasi negara mengenai apa itu DPRD dan apa saja yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

“Kunjungan ini merupakan studi banding, ini kami lakukan dengan harapan kami dapat belajar tentang DPRD dan kerja-kerja DPRD Provinsi Sumatera Selatan, selain itu juga kami berharap kedepan MPM Polsri bisa dilibatkan dalam rapat-rapat perumusan peraturan daerah sehingga kami bisa melihat langsung proses pembuatan peraturan daerah sehingga dapat kami aplikasikan kedalam kampus,” ungkap Derryl.

Baca juga :  Pemprov Gelontorkan Bantuan Untuk Infrastruktur di OKU Timur

Sementara itu Pembantu Direktur (Pudir) III Bidang Kemahasiswaan Polsri, Irawan Rusnadi yang mendampingi rombongan, mengatakan bahwa didalam kampus Polsri ada organisasi mahasiswa semacam lembaga legislatif namanya Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM).

Rusnadi menjelaskan selama ini mahasiswa belum banyak yang mengetahui langsung apa yang dilakukan DPRD itu apa saja tugas pokok dan fungsi DPRD Sumsel.

“Kegiatan ini sudah pernah kami lakukan tapi tidak tiap tahun, dengan harapan mahasiswa dapat melihat langsung kegiatan yang ada di DPRD,” ujarnya.

Baca juga :  Sikap Kornas DKI Terhadap Pilkada

Kunjungan mereka diterima langsung oleh ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Giri Ramanda N Kiemas diruang rapat paripurna DPRD provinsi.

“Sengaja adik-adik saya terima di ruang rapat paripurna supaya adik-adik mahasiswa dapat belajar langsung bagaimana melakukan sidang paripurna,” ujar Giri kepada para mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut Giri menjelaskan dengan detail profil DPRD Provinsi Sumatera Selatan menggunakan slide melalui proyektor. Giri menjelaskan struktur DPRD Sumsel, jumlah kursi partai, jumlah anggota dewan, fraksi, komisi serta fungsi masing-masing. Selain itu Giri juga mempersilahkan mahasiswa untuk melakukan tanya jawab seputar legislatif.

Baca juga :  Jimly Assiddiqi : Anggota Dewan Jangan Bohongi Rakyat

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita