oleh

Palembang Akan Mekarkan Dua Kecamatan

Kolom:Politik|8 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mustafa bersama Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerjasama Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Riza, dari 16 Kecamatan yang ada di kota Palembang, Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat akan menambah dua kecamatan lagi untuk menangani jumlah penduduk kota Palembang yang sangat padat.

Dua kecamatan yang akan ditambah yakni Kecamatan Ilir Timur III hasil pemekaran dari Kecamatan Ilir Timur II dan Kecamatan Jakabaring hasil dari pemekaran Kecamatan Seberang Ulu I. Hal ini disampaikan dalam rangka peninjauan awal rencana pembentukan Kecamatan Jakabaring dan Kecamatan Ilir Timur III di ruang Parameswara Pemkot Palembang, Rabu (18/1).

Baca juga :  APERSI Dukung Sumsel Menjadi Tuan Rumah Asian Games

Dijelaskan Harobin, pemekaran wilayah Palembang sangat diperlukan, selain untuk mengembangkan wilayah yang ada di kota Palembang, tentunya juga guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Nantinya kantor Kecamatan Ilir Timur III akan dibangun dibekas Sekolah Tuna Netra,”jelasnya.

Kecamatan Ilir Timur III memiliki lima kelurahan terdiri dari Kelurahan 8 Ilir, 9 Ilir, 10 Ilir, 11 Ilir dan Kelurahan Kuto Batu, Sedangkan Kecamatan Jakabaring kantornya akan dibangun disebelah kantor KPU Sumsel.

“Kecamatan Jakabaring ini terdiri dari empat Kelurahan diantaranya Kelurahan 15 Ulu, Silaberanti, Tuan Kentang dan Kelurahan 8 Ulu,”tambahnya.

Baca juga :  PAN Sumatera Selatan Telah Memutuskan Pengurus Tiga Kabupaten/Kota

Harobin juga mengatakan bahwa, wilayah Jakabaring akan menjadi sentra perhelatan Asian Games tahun 2018 mendatang jika tidak dimekarkan dikhawatirkan akan mengganggu berlangsungnya perhelatan tersebut.

“Pemekaran sangat mendesak tersebut dilakukan secara cepat agar pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu,”katanya.
Saat yang sama, Direktur Dekonsentrasi Tugas pembantuan dan kerjasama Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Rizari juga menjelaskan syarat pembentukan Kecamatan dan Kelurahan ada didalam UU No 23 tahun 2014. Untuk membentuk kecamatan minimal memiliki lima

Kelurahan, luas wilayah minimal lima kilo meter persegi.

Baca juga :  Pangdam II Sriwijaya : Sumsel Masih Dalam Kondisi Baik dan Aman

“Kecamatan yang dimekarkan, Jakabaring dan Kecamatan Ilir Timur III sudah layak dan pantas untuk dijadikan Kecamatan baru hasil pemekaran,”pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita