oleh

Pemprov Gelontorkan Bantuan Untuk Infrastruktur di OKU Timur

Kolom:Politik|21 kali dilihat
NuansaKita – OKU Timur : Peningkatan infrastruktur baik jalan, jembatan, hingga sarana dan prasaranan di Sumsel memang menjadi prioritas Gubernur Sumsel Herman Deru. Sebab dengan infrastruktur yang memadai tentu akan mendorong meningkatnya produktifitas masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.
Hal itu disampaikannya saat membuka dimulainya pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tahun 2020, di Desa Margotani, Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur, Rabu (05/08).
Dimana sedikitnya sejumlah ruas jalan dan jembatan yang menghubungkan beberapa lokasi OKU Timur serta infrastruktur pendukung akan dibenahi dan diintegrasikan melalui dana bantuan gubernur. Hal itu guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.
“Saya hapal, di OKU Timur ini memiliki jalan sepanjang 1.998 km. Jalan ini vital dan menjadi prioritas. Tahun ini melalui bantuan gubernur kita bangun kembali jalan dan jembatan sehingga akses masyarakat kebeberapa lokasi semakin dekat dan terintegrasi,” kata Deru.
Diketahui, bantuan gubernur yang diambil dari anggaran APBD senilai Rp 76.968.925.000 digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur serta Rp 4.914.150.000 digelontorkan untuk peningkatan jalan Margotani – Banban Rejo, Mekar Jaya – Pelita Jaya – Bangsa Negara yang juga berada di Kabupaten OKU Timur.
Ditempat terpisah, ia juga memberikan bantuan pembangunan dan peningkatan infrastruktur sebesar Rp 13.414.150.000. Dimana pemberian bantuan infrastruktur tersebut dilakukan di Desa Tulus Ayu Kecamatan Belitang Raya Kabupaten OKU Timur. Bantuan senilai Peningkatan jalan Simpang Kepuh – Gumawang Kabupaten OKU Timur.
“Untuk itu, kita harus samakan pemikiran agar pembangunan dan peningkatan infrastruktur inu dapat berjalan baik,” terangnya.
Sementara itu, bantuan gubernur lainnya juga diberikan untuk pembangunan OKU Timur secara keseluruhan meliputi pembangunan dan peningkatan stadion, drainase, pemeliharaan sungai, Tempat Pemakaman Umum (TPU), dan lainnya.
Dia menerangkan, peningkatan dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur ini akan dilakukan secara menyeluruh. Tidak hanya itu, bahkan pada tahun 2020 ini, bantuan gubernur untuk pembanguan kabupaten dan kota yang di Sumsel akan disebar.
“Setelah ini, kita juga akan melakukannya di kabupaten dan kota lain di Sumsel. Bantuan gubernur akan kita sebar secara proporsional dan merata di 17 kabupaten/kota. Nanti kita lakukan perkabupaten,” paparnya.
Namun, dia menuntut bupati dan walikota bekerja sesuai prosedur yang diterapkan sehingga peningkatan dan pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya. “Nanti juga kita tagih bupati dan walikotanya. Pekerjaan ini harus dilakukan sesuai standar kualitas dan volume yang memang sudah ditentukkan,” tegasnya.
Dengan pembangunan dan peningkatan infrastruktur ini, dia berharap dapat terus mendongkrak produktivitas masyarakat.
“Tentu dengan pembangunan infrastruktur jalan ini, akses masyarakat akan semakin cepat. Apalagi rata-rata penduduk OKU Timur ini petani, jadi dengan akses jalan memadai mereka bisa dengan cepat menuju pusat penjualan hasil pertanian dengan biaya yang murah. Kita berharap juga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” tuturnya.
Sementara itu, Bupati OKU Timur H.M Kholid Mawardi mengapresiasi langkah gubernur yang telah memberikan perhatian untuk kabupaten OKU Timur.
“Saya bersama masyarakat tentu berterima kasih atas apa yang diberikan gubernur kepada kami. Ini merupakan aksi spontanitas dari gubernur. Tentu pembangunan jalan dan jembatan ini akan semakin mempermudah akses masyarakat,” kata Kholid.
Dia menerangkan, Desa Margotani sendiri memang merupakan daerah transmigrasi pada tahun 1974. Dulunya, desa tersebut merupakan daerah termiskin di OKU Timur.
“Namun saat ini, Margotani ini daerah yang sudah makmur. Masyarakatnya juga rata-rata petani. Dengan pembangunan infrastruktur ini, tentunya bisa lebih mendongkrak perekonomian masyarakatnya,” tukas dia. Rip
Baca juga :  Srikandi Ningsih Resmi Mengantikan Lucyanti Pahri

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita