oleh

Diberlakukan Sistem Tilang Elektronik

Kolom:Komputasi, Teknologi|3 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Dalam memudahkan transaksi pembayaran tilang untuk kendaraan motor dan mobil, mulai tanggal 1 Februari mendatang akan diberlakukan sistem pembayaran tilang elektronik atau e-tilang. Sistem ini dapat di download melalui play store bagi yang memakai telepon genggang berbasis android.

Sistem e-tilang dilakukan seperti biasa, dengan cara menghentikan kendaraan yang melanggar lalu lintas selanjutnya diperiksa oleh petugas kepolisian, dan dijelaskan jenis pelaggarannya. Hal ini disampaikan oleh AKBP Doni Eka Saputra selaku Gakum Ditlantas Sumatera Selatan saat testimoni di pos polisi bawah fly over polda Sumsel, Kamis (19/1).
“Setelah dijelaskan pelanggaran yang dilakukan, diisi secara manual kertas warna biru lalu dipindahkan ke android dalam aplikasi e-tilang data-datanya,nanti akan didapatkan nomor serial briva. Nomor briva ini akan digunakan untuk membayar denda tilang tersebut di ATM terdekat”, jelasnya.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Dorong Sinkronisasi Tata Ruang Daerah

Sistem ini pun sangat mudah karena setelah membayar denda tilang di ATM terdekat, maka struk bisa dibawa langsung ke pos polisi tempat penilangan. Selanjutnya ditukar dengan barang bukti yang ditahan.

“Program aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pembayaran pelanggaran yang terjadi dan meminimalkan transaksi-transaksi negatif antara petugas dan pelanggar, apalagi untuk kemudahan untuk dilepaskan. Yang terpenting adalah sistem ini mempercepat pengembalian barang bukti pelanggar yang ditilang”, tambahnya.
Aplikasi ini akan serentak dilakukan di seluruh Indonesia mulai 31 Januari, dan sosialisasi untuk aplikasi ini kepada petugas sudah mulai 30 Desember 2016, untuk kedepannya semoga aplikasi ini bisa memudahkan dan dimanfaatkan secara baik oleh nasyarakat yang melakukan pelanggaran, “pungkasnya.

Baca juga :  PLTS 2 Megawatt Terbesar di Sumatera Mulai Beroperasi

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita