oleh

Gubernur Sumsel Launching Internet Desa

Kolom:Teknologi|12 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Tak butuh waktu lama bagi Gubernur Sumsel Herman Deru membuktikan janjinya memberikan program-program yang pro rakyat bagi masyarakat Sumsel. Terbaru, tepatnya setelah setahun menjabat, dia secara resmi melaunching program yang sangat dinantikan warga Sumsel yakni Internet Desa Sumsel Maju untuk Semua pada 17 kabupayen/kota se-Sumsel di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Senin (11/11).
Karena Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah memfasilitasi Program Internet Desa. Sebagai tahap awal sebanyak 34 desa atau kelurahan yang tersebar di 17 kabupaten/kota  se-Sumsel berdasarkan usulan kabupaten/kota.
Tidak hanya jaringan internet, Pemprov Sumsel juga memfasilitasi Web Desa dimana untuk Tahun  2019 ini sebanyak 170 Desa mendapat Web Desa yang akan terintegrasi Internet Desa. Pemprov Sumsel telah bekerjasama dengan PT. ICON+ dalam penyediaan jalur akses internet di desa dan akan menggunakan jalur fiber optic yang terintegrasi jalur jaringan PLN.
Setiap desa akan diberikan dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis tersebut dengan kecepatan internet 5 Mbps setiap bulannya. Kantor desa dan area publik di desa akan menjadi titik pemasangannya.
Dijelaskan Herman Deru, Perkembangan kemajuan teknologi di Sumsel khususnya dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan pesat. Hal tersebut memberikan kebanggaan tersendiri karena terlibat langsung dalam proses tersebut. Sebelum jaringan komunikasi tersebar luar seperti sekarang ini, masyarakat mengalami kendala dalam berkomunikasi. Saat ini di era digital dimana ketersediaan internet semakin mudah, komunikasi tidak lagi mengandalkan satu jenis alat komunikasi telpon saja, dengan berbagai aplikasi percakapan seperti WhatsApp komunikasi menjadi lebih lancar.
“Saat ini karena kebutuhan, masyarakat selalu berusaha mendapatkan jaringan internet yang lancar. Pemprov berusaha mewujudkan kebutuhan masyarakat melalui program internet desa.  Di Indonesia, selain Sumsel, Jawa Barat juga menjalankan program Internet Desa. Bedanya di Jabar mengkoneksikan peralatan yang sudah ada, karena cikal bakal Telkom ada di Jabar, sedangkan Sumsel dari tidak ada menjadi ada,” ujarnya.
Ditambahkannya, dengan jaringan internet masayarakat juga harus siap terhadap perubahan yang terjadi akibat kemajuan teknologi. Setahun kedepan semua Desa di Sumsel harus sudah terpasang internet, pemprov dengan akan berkerjasama dengan Kemenkominfo RI, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumsel dan PT. Icon+ untuk melakukan percepatan dan pemerataan Internet Desa di Kabupaten/Kota se-Sumsel. Diharapkan dengan adanya fasilitas internet desa ini akan membuat kemudahan masyarakat dalam beraktifitas.
“Saya ingin kemajuan di Sumsel lebih merata, dengan adanya Internet Desa bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai keperluan yang positif, seperti memasarkan UMKM hasil-hasil kerajinan, hasil bumi, pariwisata hingga kegiatan-kegiatan masyarakat desa,” ujar Deru.
Dalam kesempatan ini, Gubernur Herman Deru juga menyapa internet desa di lokasi lain melalui video conference yaitu Desa Celikah Kabupaten OKI, Desa Karang Binangun Kabupaten OKU Timur, Desa Tj. Sejaro Kabupaten OI.
Dikatakannya, dirinya sangat senang launching ini berhasil dilakukan sehingga membuat semua pembatas hilang. Dengan internet desa, pemerintah akan tahu kondisi desa dan begitu pula sebaliknya secara real-time.
“Hari ini 170 Desa yang akan disediakan layanan Internet Desa dan website desa mulai diaktifkan. Kedepan, kita menargetkan satu tahun untuk semua desa bebas dari blankspot serta memiliki website dan hotspot untuk memperlancar bisnis dan lain sebagainya. Bertahap kita akan tuntaskan masalah blankspot,” katanya.
Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Achmad Rizwan, menjelaskan program internet Desa bertujuan Tersedianya fasilitas internet, peningkatan SDM di Desa , tersedianya informasi bagi masyarakat Desa, Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa , Menggali potensi Desa dengan sasaran seluruh Desa yang ada di Provinsi Sumsel.
Di tempat sama, Dirut Icon plus Iwan Purwana mengatakan launching ini sebagai bentuk dukungan terhadap  program Pemprov Sumsel menuju Sumsel Maju Untuk Semua dalam memajukan SDM yang unggul, Icon+ memfasilitasi program Internet desa untuk desa-desa yang ada di Wilayah Sumatera Selatan sebagai kontribusi untuk peningkatan bandwidth per kapita yang diinisiasi oleh ICON+, anak perusahaan PT PLN (Persero) yang bergerak pada bidang penyediaan layanan telekomunikasi dan teknologi informasi. Program ini sendiri merupakan bentuk dukungan ICON+ terhadap program PLN, “Desa Berlistrik dan Berinternet”.
Dengan keberadaan Internet desa, masyarakat dan pemerintah di wilayah Sumsel diharapkan akan dapat memanfaatkan koneksi internet secara gratis namun dengan layanan yang andal menuju “Sumsel Maju untuk Semua”, sesuai tagline Provinsi Sumsel. Dengan adanya jaringan internet di pelosok desa nanntinya tidak ada lagi jarak antara masyarakat di desa dengan di kota. Rip
Baca juga :  PLTS 2 Megawatt Terbesar di Sumatera Mulai Beroperasi

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita