oleh

Begini Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan & Pembayaran Pajak 5 Tahunan di Kantor SAMSAT

Kolom:Komputasi|118 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Palembang II telah melayani proses percepatan Layanan khususnya pembayaran pajak dan perpanjangan STNK 5 Tahunan serta cetak Tanda Nomor Kenderaan Bermotor (TNKB) sesuai dengan motto layanan Samsat Palembang II adalah Samsat Clean, Efektif, Profesional, Akuntabel, Transparan (CEPAT).

Untuk percepatan layanan dimaksud di kantor bersama Samsat bersama-sama stakholder Samsat yang melayani di kantor bersama Samsat Palembang II (Bapenda, Kepolisian dan Jasa Raharja) berkomitmen dan saling bersinergi untuk menjalankan komitmen berdasarkan motto layanan pihaknya “Samsat Cepat”.

“Selain layanan pembayaran pajak tahunan dan pajak 5 Tahunan termasuk perpanjangan STNK 5 tahunan terus kami tingkatkan salah satunya di Kantor Samsat Palembang II telah melayani Cek Fisik dan Cetak Plat atau TNKB semua itu sebagai tugas kami untuk memberikan pelayan cepat kepada warga Sumsel khususnya di wilayah Ulu yang melayani 5 kecamatan, (Plaju, Kertapati, SU I, SU 2 dan Jakabaring) termasuk untuk mengejar target pendapatan daerah dari Sektor PKB dan BBNKB Tahun 2018,” kata Kepala UPTB Samsat Palembang II, Herryandi Sinulingga Ap, Kamis (12/04).

Baca juga :  Gojek Gelar Hackathon Open Source Di Indonesia

Ditanya berapa target dan realisasi yang telah dicapai semester I tahun ini, Lingga menjelaskan bahwa, untuk target PKB Samsat Palembang II tahun 2018 sebesar Rp75 Milyar dan telah berhasil dibukukan perhari ini sabtu 7 april 2018 sebesar Rp. 24.781.549.310 atau 32.62 % dari target yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan, sedangkan target Bea Balik Nama Kenderaan Bermotor (BBNKB) Samsat Palembang II Tahun 2018 sebesar Rp81 Milyar dan telah berhasil dibukukan untuk semester pertama pertanggal 7 April tahun 2018 sebesar Rp28 Milyar atau sebesar 34,37 % dari target yang telah ditetapkan.

Dia menambahkan bahwa yakin target Pkb dan BBNKB dapat tercapai karena pihaknya berkomitmen bersama selaku petugas pelayanan samsat baik bapenda, kepolisian dan jasa raharja bersinergi dalam tugas sesuai Tugas pokok masing-masing dan dukungan sarana prasana percepatan Layanan khususnya mesin Cetak TNKB juga telah ada.

“Selain itu kesadaran masyarakat membayar pajak dan tertib administrasi kenderaan diharapkan terus meningkat serta kami menghimbau kepada masyarakat jangan membayar pajak lewat calo atau oknum petugas yang ada silahkan langsung membayar pajaknya sesuai mekanisme dan prosedure yang telah kami tetapkan yakin tidak ada kesulitan,” tambahnya.

Baca juga :  Lupa Bayar Iuran JKN, Begini Cara Bayarnya

Secara terpisah Kasi STNK Ditlantas Polda Sumsel, Kompol Andi Kumara Sik didampingi Pamin 3 ditlantas Polda Sumsel Ipda Yohan wiranata SH menjelaskan persyaratan
Persyaratan yang harus dipersiapkan bila anda akan melakukan proses perpajangan STNK 5 Tahunan dan pembayaran PKB 5 tahunan di kantor samsat palembang II dapat kami jelaskan sebagai berikut :

Dimana, STNK asli, KTP asli sesui dengan yang tertera di STNK, BPKB asli dan Fotokopi, Kendaraan dihadirkan untuk cek fisik ranmor, Hasil Cek fisik kendaraan dilanjutkan.

Andi mengatakan bahwa KTP yang disyaratkan diatas adalah KTP pemilik kendaraan sesuai dengan data yang ada di kantor samsat atau sesuai dengan nama yang tertera di STNK bersangkutan.

“Bila Anda baru membeli kendaraan bekas maka pemilik kendaraan di kantor samsat masih atas nama pemilik lama, oleh karena itu anda tidak dapat melakukan proses pengesahan STNK lima tahunan. Dengan BBNKB bekas yang dibeli menjadi atas Nama saudara yang membeli, semua berkas persyaratan tersebut dijadikan satu ke dalam map dan disusun rapih. Setelah persyaratan dibawa, berikut ini adalah mekanisme proses pengesahan lima tahunan secara garis besar yang perlu anda ketahui,” katanya.

Baca juga :  Gubernur Sumsel Ingin Aksi Telkomsel Jadi Penyulut untuk Provider Lain

Pertama, Mendatangi loket cek fisik untuk mendaftarkan kendaraan, Melakukan proses cek fisik kendaraan, Mendaftarkan dan validasi hasil cek fisik ke loket cek fisik kendaraan, Pengambilan arsip kendaraan di gudang arsip, Mengisi formulir, Mengambil nomor antrian, Melakukan Proses progresif, Pendaftaran di loket I Ulang 5 Tahun, Penetapan dan cetak NPS, Pembayaran di loket bank sumsel babel yang tersedia di Kantor Samsat Palembang II, Proses Cetak STNK, Penyerahan STNK dan TNKB oleh petugas di Samsat Palembang II.

“Kemudian selamat, anda telah berhasil melakukan pengesahan lima tahunan kendaraan anda. Hal ini dapat dilihat dari masa berlaku STNK pada lembar STNK telah bertambah satu tahun ke depan, masa berlaku yang terdapat pada TNKB bertambah lima tahun ke depan, dan juga empat kotak yang terdapat pada lembaran STNK menjadi kosong kembali,” tukasnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita