oleh

Alibaba Investasi Rp 400 Miliar untuk Indonesia dan India

Kolom:Sains|4 kali dilihat

NuansaKita – Teknologi : UCWeb mengumumkan rencananya untuk menginvestasikan Rp400 miliar dalam kurun waktu 2 tahun untuk pasar Indonesia dan India. Dana itu akan digunakan untuk memperkuat fokus bidang Konten melalui UC News. Hal tersebut disampaikan melalui keterangan resmi hari ini (20/1/2017).

UCWeb Inc. sendiri merupakan bagian dari Alibaba Mobile Business Group. UC News salah satu produk unggulan UCWeb merupakan distributor konten yang didukung teknologi ‘big data’, sebagai sebuah sumber terlengkap dari konten yang sedang tren dan terkurasi yang mencakup semua kategori-kategori populer yang dapat dikonsumsi pengguna di Indonesia saat bepergian, dengan kanal-kanal menarik termasuk berita domestik dan internasional, teknologi, hiburan, gaya hidup, kesehatan, humor, dll.

Baca juga :  Paparkan Kesiapan Asian Games, Gubernur Pukau 3 Menteri

Dua bulan setelah peluncurannya di tahun 2016, UC News berhasil mencapai daftar top 3 aplikasi gratis pada kategori Newsstand di Google Play.

Pada pengumuman ini, Jack Huang, President of Overseas Business, Alibaba Mobile Business Group menyatakan saat ini Indonesia memiliki lebih dari 80 juta pengguna Internet mobile, sekitar 7.000 wartawan, jurnalis dan editor yang bekerja pada industri media, dan sekitar 3 juta blogger. Namun, sejumlah kecil dari dua grup terakhir ini telah berkontribusi pada cepatnya pertumbuhan konsumsi konten online.

Untuk itu, UC Browser telah berubah dari mesin peramban menjadi platform distribusi konten dengan mengintegrasikan berita-berita dari UC News.

Baca juga :  Ekky Syahruddin Di Lantik, Anggota KPID Sumsel Diingatkan Soal Pemberitaan di Media

UCWeb akan menambah sumber-sumber untuk membantu penyempurnaan kualitas dari konten dan berita vertikal. Konten kategori hiburan, olahraga dan teknolgi akan tetap menjadi fokus area di tahun 2017. Sebagai tambahannya, UCWeb juga akan menawarkan layanan operasi kolom untuk penerbit independen, blogger dan KOLs yang berkualitas.

“Tujuan kami adalah menjadi platform No. 1 untuk konsumsi, pembuatan dan layanan konten di Indonesia dan India,” ujar Jack.

UC News, tersedia dalam 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Hindi), mengintegrasikan topik yang sedang populer di media sosial dan bekerjasama dengan media tradisional, penulis independen dan key opinion leaders.

Menurut laporan yang dikeluarkan pada awal bulan ini oleh UC News mengenai analisa fitur-fitur kunci dari konsumer konten mobile Indonesia, hampir 70% dari pengguna UC News berada pada dua grup usia, yaitu 19-25 tahun dan 31+ tahun. Pria tetap menjadi grup pengguna dominan UC News yang hampir berjumlah 4 kali lipat dibandingkan wanita.

Baca juga :  Wujudkan Provinsi Cerdas, Sumsel Command Center Resmi Dilaunching

Hiburan, masyarakat dan olahraga merupakan kategori yang paling tinggi dikonsumsi diantara seluruh konten dari media tradisional dan We-Media. Total pageviews dari konsumsi konten mobile mengalami peningkatan tajam sebesar 307% pada Q4 dibandingkan Q3, dan durasi konsumsi juga mengalami peningkatan sebesar 260% pada periode yang sama. (selular.id)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita